Pendiri Raidforums Ditangkap, Forum Jual Beli Data Ilegal Tutup Lapak

RaidForums dianggap kelompok penjahat dunia maya global yang mendapatkan keuntungan dari pencurian data pribadi secara besar-besaran.
Image title
14 April 2022, 12:48
hacker, data
Startup Stock Photos/Pexels
Ilustrasi.

Forum peretas yang memfasilitasi jual beli data bocor, RaidForums telah ditutup dan domainnya disita penegak hukum internasional. Penutupan ini setelah pendiri forum, Diogo Santos Coelho, ditangkap pihak berwenang.

Operasi penegakan hukum terhadap RaidForums dijalankan oleh otoritas gabungan, yakni Europol, Badan Kejahatan Nasional Inggris (NCA), Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS), dan sejumlah pejabat penegak hukum Portugis, Swedia, serta Rumania. Operasi tersebut dinamai Operasi Tourniquet.

Dalam menjalankan operasinya, pejabat di masing-masing wilayah bertukar informasi. Tujuannya untuk memungkinkan penyelidikan peran berbeda para pelaku di RaidForums.

"Kami berhasil melakukan penutupan pasar online untuk jual beli data yang diretas atau dicuri," kata asisten jaksa agung di Departemen Kehakiman AS Kenneth Polite Jr dikutip dari ZDNet, Kamis (14/4).

Advertisement

Ia mengatakan, RaidForums merupakan kelompok penjahat dunia maya global yang mendapatkan keuntungan dari pencurian data pribadi secara besar-besaran.

Seiring dengan penutupan itu, penegak hukum menangkap pendiri RaidForums yang berbasis di Inggris, Diogo Santos Coelho. Ia kemudian akan diekstradisi ke AS atas tuduhan konspirasi, penipuan akses perangkat, dan pencurian identitas yang parah.

Penengak hukum menuduh Coelho telah menjalankan forum, yang mensyaratkan pembentukan skema keanggotaan. Ia mempunyai peran sentral, di mana pengguna situs dapat membayar akses ke ruang obrolan yang memungkinkan pertukaran tautan, foto, dan data yang terkait dengan kejahatan dunia maya.

Dua kaki tangan Coelho juga telah ditangkap pihak penegak hukum. Salah satu dari mereka adalah warga negara Inggris berusia 21 tahun.

RaidForums merupakan wadah diskusi bagi orang yang gemar aktivitas pemboblan di dunia maya atau raid. Situs ini juga bisa menjadi tempat berbagi dokumen dan database yang bocor, seperti yang terjadi di Indonesia.

Pada 2020, 13 juta data pengguna Bukalapak dan 15 juta data pengguna Tokopedia dijual di RaidForum. Tahun lalu, data 279 juta penduduk Indonesia yang diduga berasal dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan juga dijual di forum tersebut.

RaidForums telah memiliki lebih dari 530.000 anggota yang menjual 10 miliar data individu unik hingga sensitif.

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait