Riset: Shopee Rajai Asia Tenggara, Tokopedia Kuasai Pasar Indonesia

Fahmi Ahmad Burhan
31 Mei 2022, 12:54
Tokopedia, Shopee
Tokopedia, Shopee
Logo Tokopedia dan Shopee

Riset iPrice menunjukkan, Shopee menjadi e-commerce yang merajai hampir semua pasar negara-negara Asia Tenggara. Khusus di Indonesia, pasar e-commerce berhasil dikuasai oleh Tokopedia.

iPrice membuat riset bersama dengan SimilarWeb menggunakan data jumlah pengunjung website masing-masing e-commerce. Data tersebut mengindikasikan jumlah trafik global pada kuartal pertama 2022.

iPrice juga menganalisis engagement sosial mereka berdasarkan data sentimen sosial yang didapatkan dari Buzzsumo.

Hasilnya, e-commerce asal Singapura, Shopee masih menonjol di pasar e-commerce Asia Tenggara pada kuartal pertama 2022. "Shopee secara konsisten menjadi situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di lima dari enam negara Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam," demikian dalam riset tersebut yang diterima Katadata.co.id, pada Senin (30/5).

Shopee mendapatkan 421 juta pengunjung pada awal tahun ini. Dalam satu tahun terakhir, Shopee telah menempatkan fokus yang signifikan untuk lebih terlibat dalam gaya hidup konsumennya.

Sehingga Shopee memperluas lini bisnisnya dan menyediakan layanan pesan-antar makanan melalui ShopeeFood di Indonesia, Malaysia dan Thailand.

E-commerce lainnya Lazada memperoleh total 137 juta pengunjung. Perusahaan e-commerce yang didukung Alibaba ini berhasil menduduki peringkat kedua di Singapura, Thailand, dan Filipina, keempat di Vietnam. Lazada juga menempati posisi ketiga di Indonesia serta Malaysia.

Sebagai upaya menguasai pasar, Lazada memperluas lini bisnisnya ke sektor logistik. Ini dianggap sebagai upaya menyelesaikan salah satu tantangan terbesar e-commerce di Asia Tenggara.

Namun, baik Shopee dan Lazada tidak bisa menguasai pasar Indonesia. Sebab, iPrice menyebut bahwa e-commerce yang menjadi juara di pasar Tanah Air adalah Tokopedia dengan 157 juta pengunjung pada kuartal pertama 2022.

"Tokopedia memiliki pengunjung website lokal terbanyak di Asia Tenggara yang menyaingi Shopee dan Lazada," demikian dalam riset.

Tokopedia berhasil mengalahkan Shopee di pasar Indonesia sejak tahun lalu. Ini seiring dengan gencarnya perusahaan menggandeng artis internasional, seperti BTS dan Blackpink.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...