Perbandingan Kinerja GoTo, Grab, dan Shopee di Tengah PHK Karyawan

Lenny Septiani
22 November 2022, 11:38
GoTo, Grab, dan Shopee
Gojek, Grab, Shopee
Aplikasi Gojek, Grab, dan Shopee

Gojek Tokopedia (GoTo), Grab, dan Shopee telah melaporkan kinerja perusahaan selama tiga bulan atau kuartal III. Kinerja ketiga perusahaan menarik disimak di tengah keputusan PHK ketiga perusahaan dalam jumlah yang berbeda-beda. 

Ketiga perusahaan teknologi itu mencatat kenaikan jumlah transaksi. GoTo mencatatkan peningkatan nilai transaksi alias gross transaction value (GTV) 33% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi Rp 161 triliun pada kuartal III. Rugi EBITDA yang disesuaikan sebesar Rp 3,7 triliun pada kuartal III 2022 atau turun 11% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Advertisement

Direktur Utama Grup GoTo Andre Soelistyo menjelaskan margin kontribusi secara grup melampaui target perusahaan. Margin layanan on-demand bahkan berkontribusi positif pada September atau lebih cepat dibandingkan target.

“Capaian kinerja keuangan dan operasional pada kuartal ini menegaskan bahwa perseroan berada di jalur pertumbuhan yang tepat sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia,” kata Andre dalam keterangan pers, Senin (21/11).

Salah satu cara GoTo menggenjot margin layanan on-demand yakni memperluas layanan GoPay Coins. Ini mendorong rasionalisasi beban promosi sekaligus memberikan apresiasi bagi konsumen.

Direktur Keuangan Grup GoTo Jacky Lo menjelaskan, perseroan mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mempercepat pencapaian target-target pertumbuhan dan profitabilitas.

Rincian kinerja keuangan GoTo sebagai berikut:

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement