Langkah Operator Seluler Antisipasi Traffic Layanan saat Mudik

Lenny Septiani
19 April 2023, 17:55
Penumpang yang hendak mudik tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (19/4/2023).
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/nym.
Penumpang membawa barang bawaan tiba di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (19/4/2023).

Lalu lintas jaringan atau traffic layanan telekomunikasi selama arus mudik lebaran 2023 diperkirakan meningkat 11% sampai 36% dibanding tahun sebelumnya. Para penyelenggara layanan telekomunikasi atau operator seluler melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi peningkatan traffic layanan telekomunikasi selama arus mudik Lebaran 2023.

Berikut daftar persiapan yang dilakukan oleh para operator seluler, antara lain:

Telkom

Telkom Group menyiapkan kapasitas layanan telekomunikasi sebesar 395 ribu giga bytes per second (Gbps) dan 69 posko layanan telekomunikasi. Telkomsel menangani layanan trafik internet di kisaran 12.590 Gbps dan 127 posko.

Telkomsel memprediksi lalu lintas jaringan layanan data atau broadband naik sebesar 11,2% dan peningkatan traffic SMS sebesar 7,1%.

“Secara total traffic akan naik tapi memang itu akan tergantung dari area atau daerah-daerah yang menjadi tujuan mudik atau daerah yang menjadi area yang ditinggalkan oleh pemudik," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono di program Profit CNBC Indonesia TV, Senin (17/4).

Saki mengatakan sejak awal ramadan sudah melakukan test drive untuk melihat infrastruktur Telkomsel di jalur mudik dengan jarak tempuh sebesar 17.895 KM di 2725 ruas akses tol utama. “Jadi daerah yang benar-benar jalan-jalan utama yang akan dilalui pemudik kami make sure semua jaringan optimal dan prima di daerah tersebut,” katanya.

Lebih lanjut, Saki mengungkapkan selama momen ramadan sampai lebaran, instant message dan video conference diprediksi akan meningkat sekitar 20%, layanan video streaming akan tumbuh hampir 16%, dan layanan mobile gaming diprediksi tumbuh 32,4%.

Indosat

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah menyiapkan kapasitas jaringan internet sebesar 7.273 Gbps dan akan menyiapkan posko nasional dengan model operasi digital.

Indosat juga menyediakan posko nasional yaitu di pusat NOC Indosat yang menggunakan model operasi digital berbasis AI/ML (Aritificial Intelligence/Machine Learning) dan Otomasi.

Perusahaan telah melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian (point of Interest) mulai dari destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Selain itu, melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya, dan 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura.

XL Axiata

XL Axiata menyiapkan 6.200 Gbps dengan seribu personil yang standby dalam rangka mengantisipasi arus mudik.

XL juga melakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 140 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan traffic. Selain itu, juga dilakukan pemantauan melalui pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) dari kantor pusat XL Axiata.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...