Survei KIC: Konsumen Bersedia Bayar Mahal untuk Produk Berkelanjutan

Rizky Alika
24 Agustus 2021, 14:04
survei, katadata
Katadata
Survei KIC bertajuk “Katadata Consumer Survey on Sustainability” dipresentasikan dalam Katadata Safe 2021.

Sebagian besar konsumen di Indonesia bersedia membeli membeli produk berkelanjutan meskipun harus merogoh kocek lebih dalam. Berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC), tingkat kesetujuan konsumen untuk membayar lebih tinggi/mahal mencapai skor 6,54 (skala 10).

Survei KIC bertajuk “Katadata Consumer Survey on Sustainability” tersebut merangkum pendapat 3.631 responden dari seluruh Indonesia.  Survei dilakukan secara online pada responden berusia berusia 17-60 tahun, pada 30 Juli-1 Agustus 2021.

“Konsumen memang sensitif dengan harga, namun skor di atas 6 ini cukup menggembirakan,” kata Head of Katadata Insight Center, Adek Media Roza, dalam webinar SAFE Forum 2021 yang diselenggarakan Katadata, Selasa (24/8).

Skor yang lebih tinggi diberikan oleh responden pada pernyataan “membeli produk berkelanjutan karena dianggap menguntungkan” (7,91) dan “bersedia membeli produk yang dibuat oleh merek atau perusahaan yang diyakini memiliki gerakan cinta lingkungan dan kesehatan” (7,61).

Adek mengatakan bahwa harga produk memang menjadi pertimbangan penting yang dikemukakan 66% responden. Namun, sebanyak 82,7% menyatakan kebutuhan atau kegunaan produk tersebut merupakan yang utama.

Selanjutnya, faktor yang menjadi pertimbangan adalah kualitas, rasa atau bahan (53,4%) dan ulasan pelanggan (28,1%), yang terkait dengan meningkatnya tren belanja online.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...