Sketsa Lebaran Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani memiliki cara unik mengucapkan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Dia memajang lukisan dan tulisan tangannya di laman facebook menjelang sehari perayaan Lebaran.
Metta Dharmasaputra
24 Juni 2017, 11:41
sketsa SMI
@smindrawati

Sketsa semacam “pelarian” untuk Sri Mulyani Indrawati. Di tengah tumpukan angka-angka yang setiap hari terus mengurungnya, sketsa menjadi oase. Tempat di mana ia dapat mengekspresikan pikiran dan hatinya ke dalam coretan tangannya di selarik kertas.

Guratan itu yang kini dituangkan dalam sebuah sketsa Lebaran, yang dimuatnya dalam laman pribadinya di facebook pada Sabtu (24/6), sehari menjelang perayaan Lebaran.

Sketsa ini menggambarkan Masjid Istiqlal yang disertai ucapan selamat hari raya Idul Fitri, yang juga ditulisnya sendiri.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H,
Mohon maaf lahir dan batin.

Mari kita gunakan kemenangan dan kesucian kembali untuk meneguhkan tekad kita meraih cita-cita bernegara: mencapai Indonesia yang adil, makmur dan bermartabat.

Sri Mulyani Indrawati.

(Baca: Sri Mulyani: Pajak dan Kematian Tak Bisa Dihindari di Dunia)

Selama ini banyak orang lebih mengenalnya sebagai seorang Menteri Keuangan dan ekonom yang tangguh. Tapi, tak banyak yang tahu bahwa ia juga ternyata seorang pembuat sketsa yang piawai.

Kalau pun orang banyak mengetahui hobi dan bakatnya, itu sebatas soal menyanyi. Lagu “My Way” yang dinyanyikan sang legenda Frank Sinatra, menjadi lagu favorit yang kerap dilantunkan Sri dalam berbagai kesempatan.

Khalayak sepertinya baru tahu tentang bakat dan hobi terpendam lainnya dalam membuat sketsa, ketika Sri menceritakannya sendiri di Dia.lo.gue Artspace, Kemang, Jakarta Selatan pada 10 Februari lalu.

Di malam itu, Sri didapuk memberikan sambutan sekaligus membuka pameran 200 sketsa budayawan Goenawan Mohamad yang bertajuk “Kata, Gambar”.

Mengaku tak tahu apa yang harus disampaikannya di ajang itu, ia kemudian menyampaikan rasa irinya pada GM yang bisa dengan bebas mengekspresikan pikiran dan hatinya, bahkan di tengah tekanan luar biasa di masa Orde Baru.

Lantas ia pun bercerita bahwa dengan sketsa pula ia kerap membebaskan diri dari kejenuhan berbagai rapat yang tentu dipenuhi angka-angka yang menindihnya.

Diceritakannya bahwa saat dirinya menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia, tak jarang di tengah rapat ia asyik membuat guratan-guratan sketsa dengan pena seadanya. “Tidak menggunakan alat yang canggih, cuma ballpoint yang ada di meja rapat,” ujarnya. “Kapan-kapan saya tunjukkan.”

(Baca: Sri Mulyani Tantang Debat Mahasiswa Penolak Utang Tapi Prosubsidi)

Rupanya janji itu yang kini dipenuhinya. Di momen Lebaran, saat di mana semua menyampaikan pesan dengan hati yang tulus dan bersih.

"Mbak Sri ini juga pintar menggambar ya? Sama halnya dalam mengurus uang negara, harus pintar punya gambaran," tulis pemilik akun Debbie Dee di laman facebook.

Pemilik akun lainnya mengungkapkan kekaguman. "Luar biasa, karya tulisan dan gambar yang bagus sekali. Tidak menyangka (Sri) punya bakat melukis," tulis pemilik akun Ina Hunga.

Sri memang punya bakat melukis. Salah satu lukisannya bertema bunga, bahkan pernah ditampilkan dalam sebuah pameran.

Saat ini ucapan Sri Mulyani itu sudah mendapat tanda like sebanyak 5.400 dan telah disebar 379 kali.

(Baca: Sri Mulyani: Perlu Kepastian Hukum untuk Tingkatkan Ekonomi)

 

Reporter: Yuliawati
Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait