Survei BI: Vaksinasi Covid-19 Dongkrak Keyakinan Konsumen
Survei Konsumen Bank Indonesia Februari 2021 mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik. Ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2021 sebesar 85,8, sedikit meningkat dibandingkan pada bulan sebelumnya yang tercatat 84,9.
Peningkatan tipis IKK ditopang oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Pada Februari 2021, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) naik menjadi 65,1.
Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik meski levelnya masih cukup rendah dan berada pada zona pesimis.
"Proses penanganan Covid-19 melalui kegiatan vaksinasi yang terus berlanjut, didukung pemulihan ekonomi melalui distribusi bantuan sosial ditengarai mendorong perbaikan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada Februari 2021," ujar Erwin dalam keterangan resminya, Senin (8/3).
Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan relatif stabil yang tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Februari 2021 yang tercatat sebesar 106,5. Angka tersebut sedikit menurun dari 106,7 pada bulan sebelumnya.
Adapun IKK mengalami kenaikan pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1-3 juta per bulan. Dari sisi usia, kenaikan IKK terjadi pada kelompok usia 20-30 tahun dan 41-60 tahun.
Ditinjau secara spasial, keyakinan konsumen pada Februari 2021 terpantau meningkat di 7 kota yang menjadi cakupan pelaksanaan survei. Kenaikan tertinggi terjadi di Kota Surabaya, diikuti Manado, dan Makassar.
Peningkatan IKE didorong oleh kenaikan seluruh komponen pembentuknya, dengan kenaikan tertinggi terjadi pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja sebesar 4,6 poin menjadi 47,8. Selain itu, persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan enam bulan sebelumnya menguat. Hal tersebut sejalan dengan program bantuan sosial yang berdampak pada perbaikan penghasilan masyarakat.
Kenaikan indeks terjadi pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1-3 juta per bulan. Dari sisi usia, indeks penghasilan saat ini juga mengalami peningkatan pada sebagian besar kelompok usia, terutama pada kelompok responden berusia di atas 60 tahun.
Persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini terpantau membaik pada seluruh kelompok pendidikan, terutama pada responden dengan tingkat pendidikan Pasca Sarjana. Sementara di sisi usia, kenaikan indeks terjadi pada mayoritas kelompok usia, terutama responden berusia 41-50 tahun.