Menteri Budi Puji Retno dan Sri Mulyani, Donasi Vaksin Hemat Rp 13 T

Berkat diplomasi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Indonesia mendapat banyak bantuan vaksin Covid-19.
Image title
29 Desember 2021, 13:04
vaksin, covid-19, hibah, donasi
Katadata
Donasi bantuan vaksin Covid dari Covax.

Bantuan vaksin Covid-19 gratis yang diterima pemerintah Indonesia mengurangi beban keuangan negara. Bantuan tersebut membuat pemerintah menghemat anggaran keuangan hingga Rp 13 triliun.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kemudahan pasokan vaksin berkat Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. "Kerja sama dua wanita hebat alumni SMA 3 Semarang ini (Sri Mulyani dan Retno Marsudi)," kata Budi dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (28/12).

Budi mengatakan realisasi belanja vaksin tahun ini yang berkurang membantu pemerintah berhemat dan mengalokasikan untuk kebutuhan lain. Sri Mulyani mengalokasikan anggaran untuk pengadaan vaksin tahun ini sebesar Rp 50 triliun. Dengan penghematan Rp 13 triliun, dana tersebut akan dialokasikan untuk membayar klaim rumah sakit pasien Covid-19.

"Ini karena kita dapat banyak sekali vaksin donasi gratis baik dari Covax maupun bilateral dan itu dibantu oleh ibu Retno yang luar biasa," kata Budi.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, hingga November pemerintah telah membeli vaksin sebanyak 284,1 juta dosis, di luar bantuan gratis. Pembelian vaksin tersebut menghabiskan anggaran Rp 26 triliun, atau separuh dari pagu. Khusus bulan lalu pemerintah menghabiskam anggaran Rp 3,2 triliun untuk membeli vaksin.

Budi melaporkan hingga akhir Desember 2021,  pemerintah telah mengadministrasikan 416 juta dosis vaksin. Dari jumlah tersebut, pemerintah masih punya sekitar 139 juta dosis vaksin sampai akhir tahun. Dengan laju suntikan 40 juta dosis per bulan, diperkirakan stok vaksin tersebut bisa bertahan hingga 3,4 bulan ke depan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan hingga 28 Desember, jumlah vaksinasi sudah mencapai 270 juta dosis. Terdiri dari jumlah suntikan dosis pertama sebanyak 158,1 juta atau 75,9% dari sasaran sebanyak 208 juta dosis. Sedangkan untuk dosis kedua sebanyak 111,9 juta atau 53,7% dari target. Berikut grafik Databoks:

Advertisement

Indonesia kembali menerima sembilan juta dosis vaksin tambahan dari Amerika Serikat, Jerman, Perancis, dan Yunani melalui jalur Covax pada akhir pekan lalu. Covax atau COVID-19 Vaccines Global Access merupakan inisiatif global berupa akses setara untuk vaksin-vaksin Covid-19 bagi bangsa-bangsa di dunia.

Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan tambahan vaksin ini terbagi menjadi empat tahap kedatangan yakni tahap ke-176 hingga 179.

Nadia merinci kedatangan vaksin tahap ke-176 berupa 1.420.600 dosis vaksin Moderna dari Perancis. Donasi juga datang dari pemerintah Amerika Serikat melalui Covax melalui tahap ke-177 sebanyak 234.000 dosis dan dalam tahap ke-178 sebanyak 3.086.460 dosis. Adapun dalam tahap ke-179 berasal dari donasi pemerintah Jerman dan Yunani melalui berupa 4.244.200 dosis vaksin Astrazeneca.


Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait