Melissa Siska Juminto Bos Baru Tokopedia Gantikan William Tanuwijaya

Yuliawati
Oleh Yuliawati
10 Februari 2023, 17:14
Melissa Siska Juminto, Tokopedia
Twitter
Melissa Siska Juminto

Chief Executive Officer (CEO) Tokopedia William Tanuwijaya mengumumkan lengser dari jabatannya dan menyerahkannya kepada Melissa Siska Juminto. Perubahan ini seiring William memegang jabatan baru sebagai co-Chairman PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

William menjabat co-Chairman GOTO bersama dengan Garibaldi 'Boy' Thohir. Jabatan tersebut akan disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 2 Maret 2023.

William yang merupakan pendiri Tokopedia itu mengumumkannya pengangkatan Melissa untuk memimpin tugas harian di Tokopedia.  "Sementara di Tokopedia, saya akan mengambil peran sebagai Chairman, dan menyerahkan tongkat kepemimpinan harian Tokopedia ke Melissa Siska Juminto," kata William, Jumat (10/2).

Secara resmi, Melissa menjabat sebagai Presiden unit bisnis E-Commerce GoTo. Dia sekaligus merangkap sebagai Direktur/Chief Human Resources Officer GoTo. 

Melissa memegang jabatan Direktur GOTO sejak Gojek dan Tokopedia merger pada 2021. Melissa bertanggung jawab mengawasi seluruh fungsi sumber daya manusia (SDM) termasuk tim Business Partners, Rewards, People Integration dan tim Community Experience.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai  Chief Operating Officer (COO) Tokopedia sejak 2018. Dia pertama kali bergabung dengan Tokopedia pada 2012 dan telah memegang berbagai peran di bidang keuangan dan SDM, termasuk menjabat sebagai Vice President of Business dan Chief of Staff di Tokopedia. 

William mengatakan Melissa sangat berperan penting dalam membangun tim dari nol dan mengembangkan berbagai tim dengan performa tinggi. Upayanya telah membentuk Tokopedia sebagai perusahaan yang menempatkan konsumen dan karyawannya sebagai prioritas utama dan membina tim yang kuat, kolaboratif, dan inovatif.

Melissa memperoleh gelar Bachelor’s in Accounting and Information Systems dari University of Washington, Amerika Serikat pada 2010.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait