Kopi Malabar Show
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Image title
Oleh Ajeng Dinar Ulfiana
15 Desember 2019, 11:00

Foto: Kisah Kopi dari Pegunungan Malabar

Salah satu kopi terbaik di Indonesia berasal dari pegunungan Malabar, Pengalengan, Jawa Barat. Di kawasan pegunungan tersebut tumbuh biji kopi kualitas premium yang terkenal dengan sebutan Java Preanger.

Seorang pengusaha, Slamet Prayoga, memproduksi kopi jenis arabika yang mendapat penilaian tertinggi Specialty Coffee Association of America Expo pada 2016. Penghargaan tersebut disabet setelah selama empat tahun Yoga - nama panggilan Slamet Prayoga- membuka lahan perkebunan di Malabar di bawah merk Malabar Mountain Coffee.

(Baca: Dari Gunung Malabar, Kopi Indonesia Mendunia)

Setelah mengelola perkebunan selama tujuh tahun, lahan perkebunan yang dikelola Yoga mencapai 100 hektar dengan lebih dari 230.000 pohon kopi arabika. Produksi kopi pun terus meningkat, awal membuka lahan perkebunan jumlahnya 4-5 ton per tahun, kini panen kopi Malabar Mountain dapat mencapai 30-35 ton per tahunnya.

Tak hanya perkebunan, Yoga membangun sebuah kafe di Bogor sekaligus sebagai tempat pemasaran kopi. Tak hanya menyebar ke dalam negeri, kopi Malabar Mountain melalang buana ke beberapa negara seperti Tiongkok, Australia, dan Amerika.

(Baca: Ikhtiar Menghapus Jerat Tengkulak dari Kehidupan Petani Kopi)

Editor: Yuliawati