Arifin Tasrif Akan Duduki Kursi Menteri ESDM di Kabinet Jokowi Jilid 2

Image title
22 Oktober 2019, 23:56
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin (Katadata)

Pos Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang baru akhirnya terisi. Jika tak ada perubahan mendadak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendapuk Arifin Tasrif, Duta Besar Indonesia untuk Jepang saat ini, untuk mengisi pos kementerian tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, Arifin datang ke Istana Presiden, Jakarta, Selasa malam (22/10). Ia bertemu dengan Jokowi untuk membahas pos barunya sebagai Menteri ESDM. Jika tak ada aral melintang, Arifin akan dilantik bersama menteri-menteri baru lainnya di Istana, pada Rabu pagi ini.

Advertisement

Nama Arifin memang menjadi salah satu kandidat Menteri ESDM dari kalangan profesional. Kandidat lainnya adalah Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. Selain itu, para politisi dari berbagai partai politik sebenarnya juga mengincar kursi Menteri ESDM tersbeut.

Namun, Jokowi menjauthkan pilihan kepada pria yang menjadi Duta Besar sejak 2017 itu. Sebagai Duta Besar Jepang, Arifin terlibat dalam sejumlah kerja sama bidang energi antara Indonesia dan Jepang.

Salah satunya adalah penandatanganan Head of Agreement (HOA) pnengembangan Blok Masela pada 16 Juni 2019 di Jepang. Selain itu, Arifin mendampingi Menteri ESDM periode sebelumnya, Ignasius Jonan, dalam urusan kerja sama antara Indonesia-Jepang terkait pengembangan energi hijau melalui produk turunan kelapa sawit.

Sebelum menjabat sebagai Duta Besar Jepang, Arifin menduduki posisi Presiden Direktur Pupuk Indonesia Holding Co mulai 2010 sampai 2015.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement