Sempat Turun, Sentimen Positif Prabowo di Twitter Unggul Usai Debat

Di sisi lain, sentimen positif bagi pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin cenderung menurun sepanjang jalannya debat kelima pilpres 2019.
Nazmi Haddyat Tamara
13 April 2019, 23:18
Prabowo Subianto dalam acara kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta (7/4). Calon presiden Prabowo Subianto menyampaikan hasil hitungan jumlah orang yang hadir di kampanye akbarnya hari ini. Dia menyatakan jumlah massa kampanye di Stadion Utama Gelor
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Prabowo Subianto dalam acara kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta (7/4). Calon presiden Prabowo Subianto menyampaikan hasil hitungan jumlah orang yang hadir di kampanye akbarnya hari ini. Dia menyatakan jumlah massa kampanye di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan sekitarnya ini sebanyak sejuta lebih orang.

Pasca selesainya debat kelima pemilihan presiden 2019, Analisis Sentimen Twitter yang dilakukan Katadata.co.id menunjukkan adanya respons yang bervariasi dari warganet. Hingga 22.50 WIB, pasangan Prabowo Subianto -Sandiaga Uno mengalami peningkatan sentimen positif hingga 73%. Padahal, sentimen positif untuk pasangan 02 ini terus menurun sejak awal debat hingga level terendah 56% pada pertengahan debat.

Di sisi lain, sentimen positif bagi pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin cenderung menurun sepanjang jalannya debat. Pada akhir debat, sentimen positif bagi pasangan nomor urut 01 berada pada level 67%. Level tertinggi sentimen positif bagi pasangan ini adalah 82% pada segmen awal debat.

Sementara itu, untuk sentimen negatif pasangan 01 mengalami tren kenaikan, sedangkan untuk pasangan 02 mengalami penurunan sejak pertengahan debat. Hal ini sejalan dengan kenaikan sentimen positif untuk pasangan tersebut. Adapun, tema yang diangkat dalam debat kelima adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan industri.

Tagar #JokowiMenangTotalDebat dari pendukung 01 masih menguasai 16% cuitan mengenai debat pilpres. Sedangkan #HoaxJKWMenangTotalDebat dan #GueKapokPilihJokowi menjadi balasan dari pendukung 02 dan menjadi pendorong naikya sentimen negatif bagi pasangan 01.

Pada sisi pendukung 02, tidak ada tagar spesial yang digunakan untuk mendatangkan sentimen positif. Tagar #AaGymPilihPrabowo dan #DahlanIskanPilihPrabowo masih menguasai hot hashtag  untuk pasangan 02.

Analisis Sentimen Twitter berfungsi melihat tanggapan warganet terhadap isu-isu terhangat yang datang dari paslon 01 maupun paslon 02. Sampel diolah dari ratusan ribu cuitan yang muncul di Twitter menjelang pelaksanaan Debat Capres putaran kelima yang akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4). Analisis ini tidak memperhitungkan cuitan yang dihasilkan oleh mesin (bot).

Pembaca dapat melihat tanggapan warganet secara keseluruhan dari jawaban masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden selama debat berlangsung. Fitur ini diperbarui setiap 10 menit sehingga pembaca dapat melihat sentimen dari ratusan ribu cuitan yang muncul selama Debat Capres 2019 putaran final, baik positif, negatif atau netral.

Editor: Yura Syahrul

Video Pilihan

Artikel Terkait