Jelang Debat II, Sentimen Jokowi vs Prabowo di Media Sosial Berimbang

Image title
Oleh Tim Redaksi
17 Februari 2019, 20:05
Jokowi dan Prabowo di KPU
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Media sosial mulai semarak pada satu jam menjelang debat kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019-2024. Sentimen warganet di Twitter terhadap calon presiden nomor 01 Joko Widodo (Jokowi) relatif seimbang dengan calon presiden nomor 02 Prabowo Subianto.

Pada pukul 19.12 WIB, Minggu (17/2), berdasarkan Data dan Analisis Sentimen Twitter yang dibuat Katadata.co.id, sentimen positif untuk Jokowi sebesar 38%. Sedangkan untuk kubu Prabowo sebesar 36%.

Kubu Prabowo juga terlihat menguasai Trending Topic Twitter sekitar satu jam sebelum debat berlangsung. Lima dari 10 Trending Topic dikuasai kubu 02 dengan tagar-tagar yaitu #DaulatPanganEnergi02, #PrabowoMenangDebat, #Debat02PrabowoMenang, #PrabowoSmartLeader dan #JokowiOnRecycleBin.

Kubu 01 hanya menyumbang satu tagar di Trending Topic yaitu #DebatPintarJokowi. Namun tagar ini berada paling atas di antara semuanya.

Analisis Sentimen Twitter ini dapat diikuti secara live di microsite Katadata.co.id. Analisis Sentimen Twitter ini berfungsi melihat tanggapan warganet secara keseluruhan dari jawaban-jawaban masing-masing calon presiden selama debat berlangsung.

Fitur ini kami akan update setiap 10 menit sekali dan akan melihat sentimen dari ratusan ribu cuitan yg muncul selama #DebatKeduaPilpres2019: apakah Positif, Negatif atau Netral .

Editor: Yura Syahrul
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait