Jokowi Pamer Keakraban dan Aktivitas Keluarga Bersama Wartawan

Ameidyo Daud Nasution
8 Desember 2018, 19:21
keluarga jokowi
Biro Pers Setpres | Muchlis Jr
Presiden Joko Widodo sedang berkumpul bersama keluarganya di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu pagi (8/12/2018).

Pada Sabtu (8/12), akhir pekan ini, aktivitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) di luar kelaziman. Alih-alih mengikuti agenda pemerintahan atau mendatangi masyarakat di pelosok daerah, Jokowi memilih menghabiskan waktu bersama istri, anak dan menantu serta cucunya di kawasan Istana Bogor, Jawa Barat. Aktivitas bersama keluarga yang penuh kerakraban tersebut juga melibatkan para wartawan.

Mengenakan jaket berwarna hitam dan celana training, Jokowi mulai berjalan dari Istana Bogor pukul 08.30 WIB menuju arah restoran di sisi lain Kebun Raya Bogor. Ia didampingi Iriana Joko Widodo, kedua anaknya Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu, serta dua menantunya: Selvi Ananda dan Bobby Nasution. Turut pula dua cucu orang nomor satu di Indonesia saat ini tersebut: Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah.

Ikut hadir mendampingi keluarga Jokowi yaitu penyanyi Teuku Adifitrian, yang lebih dikenal dengan nama Tompi. "Kaesang (Pangarep, anak bungsu Jokowi) tidak ikut, Subuh tadi ke Makassar," kata Jokowi sambil berjalan menggandeng Ethes.

Jokowi bersama keluarga berjalan menuju Wisma Bayurini untuk memberi makan rusa. Di sela-sela kegiatan itu, Jokowi juga meladeni permintaan foto bersama masyarakat yang berolahraga. Selanjutnya, Presiden menuju restoran Grand Garden yang berada di bagian lain Kebun Raya dan tiba pukul 10.00 WIB.

Mereka lalu memasuki halaman belakang restoran dan duduk di bangku yang telah disediakan. Tompi langsung bertindak sebagai pembawa acara bincang-bincang bersama para wartawan yang biasa meliput acara Presiden.

Obrolan dan pertanyaan dalam pertemuan tersebut lebih banyak seputar aktivitas keseharian Presiden dan keluarga, meski ada juga membahas perkembangan kondisi menjelang pemilihan presiden tahun depan. Pertanyaan pertama mengenai bagaimana Jokowi membagi waktu bersama keluarga di tengah padatnya kegiatan sebagai Presiden dan menjelang pemilihan presiden yang tinggal 4,5 bulan lagi.

keluarga jokowi
Presiden Joko Widodo sedang berkumpul bersama keluarganya di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu pagi (8/12/2018). (Biro Pers Setpres | Muchlis Jr)

Mantan Walikota Solo ini mengakui sangat sulit mengumpulkan anggota keluarganya. "Berkumpulnya sangat sulit karena masing-masing punya kesibukan. Alhamdulillah, kemarin (Jumat, 7 Desember) sore bisa berkumpul semua. Tapi Subuh sudah hilang satu (Kaesang)," kata Jokowi.

Meski sangat sibuk, Jokowi tak pernah absen berkomunikasi dengan seluruh anggota keluarganya. Ia mengaku setiap malam melakukan video call dengan Jan Ethes sekitar pukul 21.00-22.00 atau sebelum bocah tersebut tidur. "Setiap hari kecuali saat saya keluar kota dan acaranya sampai tengah malam."

Di depan para wartawan, Gibran sesekali turut menimpali perkataan ayahnya. Ia menjawab pertanyaan soal banyaknya komentar negatif menjelang Pilpres yang kerap mendera Jokowi dan keluarga. Pemilik usaha Markobar tersebut menganggap hal itu sesuatu yang normal.

"Sudah ada dari dulu Walikota, Gubernur, hingga Presiden ada terus. Tidak perlu reaktif," katanya. Gibran juga mengimbau  masyarakat agar tidak meneruskan jika menerima kabar bohong.

Acara bincang-bincang bersama puluhan wartawan ini berlangsung dalam suasana santai dan obrolan yang cair. Bahkan beberapa kali Jokowi diganggu Ethes sehingga harus menghentikan sejenak omongannya. Lalu, Jokowi bercanda dengan cucunya yang berusia 2 tahun itu.

Dalam kesempatan yang lain, Jokowi menggoda cucu pertamanya tersebut dengan meminta menyebut satu per satu nama anggota keluarganya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...