Reshuffle Diumumkan Hari Ini, Moeldoko dan Idrus Masuk Kabinet

Yuliawati
Oleh Yuliawati
17 Januari 2018, 08:37
Sidang Kabinet
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan mengumumkan perombakan (reshuffle) kabinet pada Rabu pagi ini (17/1). Dalam perombakan tersebut, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko dipastikan masuk kabinet.

Dalam surat undangan yang dikirimkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, yang salinannya beredar di kalangan wartawan, menyebutkan pelantikan menteri Kabinet Kerja sisa masa jabatan periode 2014-2019 dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden serta Kepala Staf Angkatan Udara akan dilakukan di Istana Negara pukul 09.00 WIB, Rabu ini (17/1).    

Dua sumber terpercaya Katadata membenarkan kabar perombakan kabinet tersebut akan diumumkan hari ini.  Reshuffle keempat ini terkait pergantian Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang saat ini mencalonkan diri sebagai gubernur pada pemilihan kepala daerah Jawa Timur tahun 2018. Khofifah akan digantikan oleh politisi Golkar Idrus Marham.

Selain itu, Presiden dikabarkan akan melantik Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden mengggantikan Teten Masduki. “Teten akan digeser menjadi Kepala Koordinator Staf Khusus Presiden,” kata sumber Katadata, Rabu pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga akan melantik Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden dan Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Hingga berita ini ditulis, belum diperoleh konfirmasi dari pihak Istana. Sedangkan Idrus tidak membantah dirinya akan dilantik Presiden sebagai Menteri Sosial pada hari ini. "Iya infonya begitu," katanya saat ditelpon Katadata.

Idrus mengaku tengah bersiap mengikuti acara pelantikan menteri baru. "Iya mau ke sana (Istana).”

Sementara itu, belum diperoleh konfirmasi dari Moeldoko dan Teten terkait jabatan baru mereka tersebut.

Reporter: Dimas Jarot Bayu, Yura Syahrul
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...