Efek Media Sosial Jadi Fokus Utama Pertemuan Pendidikan Dunia di Qatar

Yura Syahrul
16 November 2017, 04:07
Wise Fareed
Katadata | Yura Syahrul
WISE 2017 di Doha, Qatar.

Perkembangan teknologi dan media sosial menjadi tantangan baru yang dihadapi dunia pendidikan saat ini dan di masa depan. Hal ini menjadi pembahasan utama dalam forum pendidikan dunia World Innovation Summit for Education (WISE) 2017 di Doha, Qatar.

Saat membuka pertemuan dua tahunan ini, Chairperson Qatar Foundation, Sheikha Moza Bint Nasser menyatakan, dunia pendidikan menghadapi berbagai tantangan, mulai dari persoalan politik, perkembangan media, budaya dan teknologi. "Tantangannya semakin berat ketika retorika politik dimanipulasi secara berlebihan dan media membentuk realitas yang terdistorsi," katanya di Qatar National Convention Center (QNCC), Doha, Rabu (15/11).

Menurut Sheikha Moza, informasi yang disajikan media saat ini berupa kepalsuan yang menyamar sebagai cerita nyata dengan gambar yang menyerupai kebenaran. Alhasil, prinsip dan standar diskursus media pada umumnya telah dikalahkan.

Media sosial pun berubah menjadi wadah aktivitas terorganisir yang menyebarkan propaganda, rumor dan keinginan mengalihkan perhatian orang dari kenyataan dan kebenaran.

Sheikha Moza menuding, krisis Irak selama 13 tahun melalui cara-cara penipuan dan dalih yang dibuat untuk membenarkan invasi pada tahun 2003. Alih-alih menemukan senjata pemusnah massal, Irak malah hancur. “Sistem pendidikan Irak, salah satu yang terbaik di wilayah ini pada tahun 1990, hancur total.”

Menurut dia, praktik serupa terjadi di Yaman dan Qatar saat ini. Pemblokadean Qatar sejak 5 Juni lalu dengan menggunakan alasan yang dipaksakan.

Meski begitu, sistem pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai akan menanamkan pentingnya sebuah kebenaran ketimbang kepercayaan pribadi. Untuk memperkuat pendidikan, perlu melakukan reformasi pendidikan, seperti memasukkan media dan literasi informasi ke dalam kurikulum sekolah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...