Terancam Stagnan Tahun Ini, Penjualan Mobil Juni-Juli Turun 1,4%

Image title
Oleh Yudi S.A.
22 Agustus 2017, 17:19
Pabrik otomotif
Arief Kamaludin|KATADATA

Penjualan mobil dan motor dari pabrikan ke distributor pada periode Juni-Juli tahun ini berturut-turut turun 1,4% dan naik 11,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil di pasar domestik pada bulan Juni-Juli sebesar 151.275 unit, lebih rendah dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 153.379 unit. Sebaliknya, penjualan motor periode Juni-Juli 2017 naik menjadi 917.643 unit dari tahun sebelumnya 824.031unit.

Penggunaan data penjualan mobil dan motor periode dua bulanan, yaitu Juni-Juli dilakukan untuk menghindari dampak musiman (seasonality) Hari Raya Idul Fitri karena memiliki beberapa hari libur. Dengan begitu, data-data tersebut dapat mengukur tren permintaan atau penjualan kendaraan bermotor.

(Baca: Pacu Investasi Otomotif di Indonesia, Jepang Buka Kantor Perwakilan)

"Penjualan Juni-Juli akan lebih baik merepresentasikan nationwide demand trend, memperhitungkan adanya Lebaran yang tahun lalu jatuh pada bulan Juli, sementara tahun ini pada bulan Juni," Tira Ardianti, Head of Investor Relations PT Astra International Tbk kepada Katadata, Selasa (22/8).

Tahun lalu bulan Juni memiliki hari kerja berjumlah 22 hari, sementara tahun ini lebih sedikit yaitu 15 hari karena ada cuti bersama hari raya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...