Penjualan Produsen Indomie Turun Akibat Kompetisi Ketat dan Daya Beli

Image title
Oleh Yudi S.A.
29 Juli 2017, 08:00
Indofood
KATADATA/

Penjualan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, produsen Indomie, susu Indomilk dan makanan ringan Chitato, turun 2,7% pada kuartal kedua 2017. Penurunan ini yang pertama kali sejak beberapa tahun terakhir, di tengah meningkatnya kompetisi dan pelemahan daya beli.

Penjualan turun menjadi Rp 9 triliun pada periode April-Juni 2017, dibanding Rp 9,25 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Angka kuartal kedua ini diperoleh dari pendapatan perusahaan enam bulan pertama yang dikurangi dengan pendapatan tiga bulan pertama.

Secara per semester, pendapatan perusahaan naik sedikit menjadi Rp 18,46 triliun pada Januari-Juni, dibanding Rp 18,18 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya, menurut laporan keuangan yang dipublikasikan Indofood CBP, Jumat (28/7) .

"Kondisi makroekonomi domestik tetap positif pada semester pertama tahun 2017, tapi permintaan untuk fast moving consumer goods melandai. Kompetisi terhadap produk perusahaan kami meningkat," ujar Anthoni Salim, Presiden Direktur ICBP, dalam keterangan pers yang dimuat di website perusahaan.

Anthoni menambahkan, perusahaan akan tetap berhati-hati selama paruh kedua tahun ini.”Sambil meningkatkan usaha kami untuk melayani konsumen dengan lebih baik dan meyakinkan bahwa kami tetap kompetitif di pasar," katanya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...