Bertemu Jokowi, Petinggi dan Kyai NU Bahas "Full Day School"

Ameidyo Daud Nasution
11 Juli 2017, 16:52
said agil
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menyampaikan pidato kebudayaan saat Harlah ke-91 Nahdlatul Ulama di Jakarta, Selasa (31/1).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan kyai pesantren di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (11/7). Beberapa di antara tokoh tersebut adalah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj serta Rois Aam PBNU sekaligus Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin.

Usai bertemu Jokowi, Said Aqil mengungkapkan pertemuan tersebut untuk menyampaikan pesan dari para kyai pesantren yang menolak pemberlakuan sistem sekolah seharian alias full day school. Alasannya, program tersebut akan menggusur 76 ribu madrasah milik NU.

Said juga mengatakan beberapa hari lalu telah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menyampaikan pesan yang sama. "Guru-gurunya swadaya dari masyarakat dengan honor Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu (per bulan)," katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/7).

Menurut dia, kalau penerapan "full day school "hanya untuk pembentukan karakter maka sebenarnya madrasah justru turut membentuk karakter siswa. Sedangkan jika kebijakan itu bertujuan untuk menikmati hari libur yang lebih lama maka hal tersebut dirasakan relevan bagi siswa yang memiliki kemampuan finansial saja.

Karena itu,  Said meminta kebijakan tersebut tidak diformalkan. "Malah tanpa madrasah (siswa) akan (menjadi) radikal," katanya.

Di sisi lain, Said membantah penolakan NU terhadap "full day school" ini merupakan bentuk perlawanan terhadap Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) yang kebetulan berlatar belakang Muhammadiyah. "Jadi kalau Mendiknas-nya (dari) NU akan saya lawan juga," katanya.

Selain bertemu pengurus NU, Jokowi juga bertemu dengan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf serta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad. Adapun pertemuan dengan Muliaman untuk melaporkan perkembangan industri keuangan dan berpamitan karena masa jabatannya berakhir bulan ini dan digantikan oleh Wimboh Santoso.

Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...