Jokowi Libatkan Wapres JK Bahas Rencana Reshuffle Kabinet

Ameidyo Daud Nasution
4 Juli 2017, 20:59
Jokowi Kalla
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih terus menggodok rencana perombakan (reshuffle) kabinet jilid III, yang kabarnya akan diumumkan dalam waktu dekat ini. Pembahasan yang dilakukan secara intensif itu melibatkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, Jokowi dan JK mengadakan pertemuan tertutup pada Selasa petang (4/7). Pertemuan itu digelar setelah Jokowi mengunjungi Bursa Efek Indonesia (BEI). “Sekitar pukul 3 sore Presiden ketemu Wapres. Kemungkinan terkait reshuffle,” kata sumber tersebut.

Advertisement

Juru Bicara Wapres JK, Husain Abdullah, membenarkan adanya pertemuan Presiden dengan Wapres tersebut. Meski dia tidak mengetahui isi pertemuan itu, dia menepis kemungkinan adanya pembahasan reshuffle kabinet. “Wah tidak tahu (isi pertemuan), kan (silaturahmi) habis lebaran juga,” kata Husain saat dihubungi Katadata melalui telepon, Selasa (4/7).

(Baca: Soal Reshuffle Kabinet, Istana Anggap Isu Politik Setiap Waktu)

Ia menambahkan, pertemuan itu bisa juga terkait dengan rencana kunjungan Presiden ke luar negeri sehingga perlu pendelegasian tugas kepada Wapres. “Presiden mau ke Turki sama Jerman, jadi apa saja tugas sehari-hari yang dititipkan (ke Wapres). Ini kan biasa saja.”

Namun, sumber tadi menyatakan, Jokowi dan JK juga sempat bertemu sebelum lebaran akhir bulan lalu untuk membahas rencana reshuffle. “Ada dua pertemuan Presiden dan Wapres di pekan terakhir Bulan Ramadan,” katanya.

Husain juga tidak membantah adanya pertemuan-pertemuan tersebut. Tapi, dia enggan memastikan pertemuan itu membahas rencana reshuffle. “(Membahas) soal pemerintahan saja seringnya,” katanya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement