Ini Dia Deretan Sedan Top Indonesia

Padjar Iswara
8 Juni 2017, 08:17
hyundai elantra
Katadata

Go Insight--KALAU memperhatikan jalanan di kota-kota di Indonesia, mobil  jenis sedan tidak banyak terlihat. Maklum, penjualan mobil jenis sedan memang tidak selaris MPV atau SUV. Tidak heran kala data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan bahwa sepanjang 2016 mobil jenis sedan terjual kurang dari 14 ribu unit, atau hanya 1,3 persen dari total penjualan mobil yang mencapai 1,06 juta unit.

 Penyebab utama penjualan sedan yang seret, diperkirakan adalah faktor harga. Di Indonesia, pajak untuk sedan berlipat kali dibanding pajak untuk tipe MPV atau SUV.

Advertisement

 Namun bukan berarti sedan kehilangan penggemar. Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy, mengatakan bahwa masing-masing segmen mobil memiliki keunggulan tersendiri.  “Sedan unggul di kenyamanan berkendara, MPV unggul karena bisa muat banyak, SUV unggul karena ground clearance tinggi dan tampilan lebih tough,” katanya. “Konsumen tentu memiliki pilihan masing-masing.”

 Di dunia, keunggulan sedan ini membuat mereka laris. Tahun lalu tercatat, mobil terlaris di dunia adalah Toyota Altis atau di sebagian negara disebut Toyota Corolla. Berikut adalah daftar sedan terlaris dunia, yang juga dipasarkan di Indonesia oleh Agen Pemegang Merek.

1. Toyota Altis/Corolla

Terjual: 1,3 juta unit

Terlaris nomor 1 dunia

Mulai diproduksi 1966, Corolla menjadi mobil terlaris dunia pada 1974. Sejak itu, penjualan mobil ini sulit digeser. Mobil ini juga cukup laris di Amerika Serikat, terjual lebih dari 300 ribu unit per tahun.

2.  Hyundai Elantra

Terjual: 787 ribu unit

Terlaris nomor 4 dunia

Hyundai mulai memproduksi mobil ini pada 1990. Di negeri asalnya, Korea Selatan, mobil ini disebut Avante. Di Australia, sempat disebut Lantra, karena masalah hak cipta. Di Singapura, Hyundai Elantra dan Toyota Altis digunakan sebagai mobil polisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement