Ini Dia Deretan Sedan Top Indonesia

Penyebab utama penjualan sedan yang seret, diperkirakan adalah faktor harga. Di Indonesia, pajak untuk sedan berlipat kali dibanding pajak untuk tipe MPV atau SUV.
Image title
Oleh Padjar Iswara
8 Juni 2017, 08:17
hyundai elantra
Katadata

Go Insight--KALAU memperhatikan jalanan di kota-kota di Indonesia, mobil  jenis sedan tidak banyak terlihat. Maklum, penjualan mobil jenis sedan memang tidak selaris MPV atau SUV. Tidak heran kala data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan bahwa sepanjang 2016 mobil jenis sedan terjual kurang dari 14 ribu unit, atau hanya 1,3 persen dari total penjualan mobil yang mencapai 1,06 juta unit.

 Penyebab utama penjualan sedan yang seret, diperkirakan adalah faktor harga. Di Indonesia, pajak untuk sedan berlipat kali dibanding pajak untuk tipe MPV atau SUV.

 Namun bukan berarti sedan kehilangan penggemar. Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy, mengatakan bahwa masing-masing segmen mobil memiliki keunggulan tersendiri.  “Sedan unggul di kenyamanan berkendara, MPV unggul karena bisa muat banyak, SUV unggul karena ground clearance tinggi dan tampilan lebih tough,” katanya. “Konsumen tentu memiliki pilihan masing-masing.”

 Di dunia, keunggulan sedan ini membuat mereka laris. Tahun lalu tercatat, mobil terlaris di dunia adalah Toyota Altis atau di sebagian negara disebut Toyota Corolla. Berikut adalah daftar sedan terlaris dunia, yang juga dipasarkan di Indonesia oleh Agen Pemegang Merek.

1. Toyota Altis/Corolla

Terjual: 1,3 juta unit

Terlaris nomor 1 dunia

Mulai diproduksi 1966, Corolla menjadi mobil terlaris dunia pada 1974. Sejak itu, penjualan mobil ini sulit digeser. Mobil ini juga cukup laris di Amerika Serikat, terjual lebih dari 300 ribu unit per tahun.

2.  Hyundai Elantra

Terjual: 787 ribu unit

Terlaris nomor 4 dunia

Hyundai mulai memproduksi mobil ini pada 1990. Di negeri asalnya, Korea Selatan, mobil ini disebut Avante. Di Australia, sempat disebut Lantra, karena masalah hak cipta. Di Singapura, Hyundai Elantra dan Toyota Altis digunakan sebagai mobil polisi.

3.   Ford Focus

Terjual: 734 ribu unit

Terlaris nomor 6 dunia

Ford Focus mulai dijual di Eropa pada 1998 dan Amerika Serikat tahun sesudahnya. Model ini menggantikan Ford Escort dan Ford Laser, yang di Jakarta sempat dijadikan taksi.

 4.  Toyota Camry

Terjual: 661 ribu unit

Terlaris nomor 9 dunia

Camry adalah mobil Toyota dengan ukuran di atas Altis. Diproduksi sejak 1982, Camry cukup sukses penjualan di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, Camry bahkan menjadi mobil terlaris antara 2002-2015. Baru 2016, posisinya tergeser Ford F-Series.

 5. Honda Civic

Terjual: 655 ribu unit

Terlaris nomor 10 dunia

Model ini awalnya diproduksi pada 1972, sebagai mobil kecil dengan dua pintu. Mobil ini langsung populer karena jarang rewel dan hemat bensin. Seperti model lain, ukuran Civic terus membesar dan saat ini masuk kategori sedan menengah.

Editor: Yura Syahrul

Video Pilihan

Artikel Terkait