Pakai Skema Baru Bonus Tanda Tangan, Pemerintah Lelang 15 Blok Migas

Anggita Rezki Amelia
19 Mei 2017, 21:20
IPA 2017
Arief Kamaludin|KATADATA
IPA Convex merupakan ajang pertemuan dan diskusi di antara para pelaku dan pemangku kepentingan industri migas di Indonesia.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka lelang wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) semester I tahun ini. Proses lelang kali ini menggunakan skema baru penghitungan bonus tanda tangan (signature bonus).

Pembukaan lelang bersamaan dengan penutupan acara pertemuan tahunan para pelaku migas Indonesia atau Indonesia Petroleum Association (IPA) Convention & Exhibition ke 41 di Jakarta, Jumat (19/5). Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan, lelang kali ini atas 15 blok migas yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Advertisement

Beberapa di antara blok itu sebenarnya sudah pernah dilelang. Namun, dia berharap semua blok yang dilelang kali ini diminati para investor. "Targetnya kalau bisa semua laku," kata Wiratmaja.

Harapan itu salah satunya disandarkan pada modifikasi persyaratan lelang tahun ini, yaitu berupa penentuan bonus tandatangan. Penentuan besaran bonus tanda tangan akan mengacu pada jumlah cadangan migas yang berada di satu wilayah kerja.

Apabila cadangannya besar, maka bonus tanda tangan yang harus diserahkan ke pemerintah juga besar. Artinya, besaran bonus tanda tangan dari 15 blok yang dilelang kali ini akan berbeda-beda. "Sekarang bisa ditentukan sendiri, kalau cadangan lebih besar bonus tanda tangan lebih besar, tergantung resources," kata Wiratmaja.

Secara lebih rincian, 15 blok migas yang dilelang kali ini terdiri atas 10 blok migas konvensional dan 5 blok nonkonvensional. Skema lelangnya terdiri atas skema reguler dan penawaran langsung. Adapun, proses mengakses dokumennya dimulai dari akhir Mei ini hingga Juli-September mendatang. Lalu, proses penyerahan dokumennya pada bulan berikutnya.

A. Blok konvensional

Skema Reguler:

  1. Blok Tongkol di lepas pantai (offshore) Natuna. Minimum bonus tanda tangan US$ 500 ribu. Jumlah cadangannya sekitar 421 miliar kaki kubik (bcf).
  2. Blok East Tanimbar di lepas pantai Southest Maluku. Minimal bonus tanda tangan US$ 500 ribu. Cadangan diperkirakan sebesar 12,924 bcf.
  3. Blok Memberamo di lepas pantai dan daratan Papua. Minimal bonus tanda tangan US$ 750 ribu. Cadangannya mencapai 3,863 Bscf.

Skema Penawaran Langsung:

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement