Jokowi Bangun Rusunami dengan Uang Muka 1 Persen untuk Buruh

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2017, 16:28
Jokowi
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Pemerintah terus berupaya menyediakan hunian murah untuk masyarakat. Hari Kamis ini (27/4), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) di Kota Tangerang Selatan. Dengan uang muka sebesar 1 persen, hunian tersebut diharapkan dapat terjangkau oleh para buruh.

Mayoritas unit rusunami Urban Town Loftville yang dibangun oleh PT PP (Persero) Tbk itu memang khusus menyasar para pekerja dan buruh. Dari 9.000 unit rusunami di Loftville ini, PT PP menyediakan 6.000 unit untuk pekerja dan buruh. Sedangkan 3.000 unit lainnya akan dijual secara komersial.

Advertisement

(Baca: Lippo Siap Wujudkan Program Uang Muka KPR Nol Rupiah Anies-Sandi)

Jokowi yakin kaum buruh sanggup membeli hunian tersebut karena uang mukanya dipatok sebesar 1 persen. Sementara harga unit termurah rusunami itu mencapai Rp 293 juta, dengan cicilan per bulan sekitar Rp 1,2 juta. "Kalau DP (down payment) 1 persen berarti bisa (uang muka) Rp 2,9 juta. Saya kira mampu ya buruh," kata Presiden.

Menurut Jokowi, penyediaan hunian murah bagi buruh penting lantaran salah satu komponen pengeluaran terbesar buruh adalah biaya tempat tinggal, selain transportasi. Selain itu dengan hunian baik maka keluarga buruh, terutama anak-anak, dapat merasakan tumbuh kembang di lingkungan yang sehat.

"Kalau saya lihat tadi gambarnya bagus kok. Saya lihat contohnya tipe 30. Dua kamar bagus, kalau kayak contoh tadi saya mau," ujar Jokowi. (Baca: KAI dan Perumnas Bangun 5.000 Apartemen di 3 Stasiun Kereta)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement