Semen Indonesia Siap Jual Surat Utang Buat Bangun Pabrik di Rembang

Miftah Ardhian
31 Maret 2017, 20:35
Semen Indonesia
Katadata | Arief Kamaludin

PT Semen Indonesia Tbk berencana mencari pendanaan baru untuk membiayai investasinya tahun ini. Salah satu sumbernya adalah melalui penerbitan surat utang (obligasi) sebesar Rp 3 triliun yang akan direalisasikan pada semester I ini.

Direktur Utama Semen Indonesia Rizkan Chandra mengatakan, perusahaan menyiapkan belanja modal (Capital Expenditure/Capex) sebesar 20-30 persen dari laba bersih tahun lalu. Selain itu, Semen Indonesia akan menerbitkan obligasi untuk membiayai kelanjutan beberapa proyek strategis tahun ini.

Advertisement

"Sudah lama juga kami tidak menerbitkan obligasi," ujar Rizkan usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Semen Indonesia di Jakarta, Jumat (31/3). 

Secara lebih rinci, Direktur Keuangan Semen Indonesia Darmawan Junaidi mengatakan, sebenarnya penerbitan obligasi ini merupakan bagian skema penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi selama lima tahun. "Total PUB nanti Rp 8 triliun. Tahap pertama, tahun ini Rp 3 triliun, kami sudah memulai prosesnya," ujarnya.

Semen Indonesia memilih pendanaan lewat penerbitan obligasi karena pasarnya menarik di tengah menurunnya suku bunga. Perusahaan berencana menunjuk Mandiri Sekuritas, Danareksa, dan Bahana Securities sebagai penjamin emisi surat utang tersebut.

Dana yang diperoleh akan digunakan untuk membiayai beberapa proyek. Pertama, menyelesaikan proyek pabrik semen di Rembang. Kebutuhan dana pembangunan pabrik berkapasitas 3 juta ton ini mencapai Rp. 4,98 triliun.

Perkembangan pembangunan pabrik ini hingga 31 Desember 2016 lalu mencapai 98,75 persen. Semen Indonesia telah mengantongi seluruh perizinan untuk operasional pabrik tersebut. Jadi, rencana produksi komersial pada paruh pertama tahun ini dapat berjalan mulus.

Kedua, menyelesaikan proyek pabrik semen Indarung VI di Padang, Sumatera Barat. Pabrik berkapasitas 3 juta ton ini membutuhkandana investasi sebesar Rp. 4,2 triliun. Ketiga, menyelesaikan pembangunan Grinding Plant di Cigading.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement