Pemerintah Bangun Tanggul Pantai Teluk Jakarta Pakai Dana APBN

Miftah Ardhian
9 Maret 2017, 19:22
Tanggul laut
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.
Pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul laut di kawasan Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, 2 Desember 2016.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Pembangunan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan tanggul pantai di kawasan utara Jakarta untuk meredam banjir rob, dapat rampung tahun ini. Dana pembangunannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono menyatakan, pihaknya mendapat penugasan untuk menyelesaikan pembangunan tanggul pantai di Teluk Jakarta tersebut. Penugasan itu diputuskan dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bersama dengan Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya di Jakarta, Kamis (9/3).

"Saya ditugasi untuk menyelesaikan tanggul pantai yang (panjangnya) 20 kilometer ini," ujar Basuki usai rapat tersebut. (Baca: Cegah Banjir, Pemerintah Bangun Tanggul 20 Km di Teluk Jakarta)

Ia menjelaskan, pembangunan tanggul pantai ini semula memang sudah dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Namun, pembangunannya baru mencapai 4,5 kilometer (Km). Berdasarkan keputusan rapat tersebut, Kementerian PUPR akan segera melanjutkan dan memacu pengerjaan konstruksi tanggul pantai sehingga bisa selesai tahun ini.

Basuki menuturkan, Kementerian PUPR telah memetakan titik-titik prioritas yang paling rawan terjadinya banjir rob. Titik-titik tersebut yakni di kawasan Muara Kamal, Pluit, Kalibaru, dan Muara Angke.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...