Kendalikan Biaya Kontraktor, Djoko Siswanto Jadi Deputi Baru SKK Migas

Anggita Rezki Amelia
28 Februari 2017, 21:36
Skk Migas
Arief Kamaludin (Katadata)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali merombak pejabat di lingkungan kementeriannya. Kali ini, perombakan juga menyasar Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Direktur Teknik dan Lingkungan Kementerian ESDM  Djoko Siswanto didapuk mengisi posisi baru deputi di SKK Migas.

“Saya tugaskan Djoko untuk ke SKK Migas sebagai unsur pimpinan SKK Migas. Mudah-mudahan banyak manfaatnya,” kata Jonan saat acara pelantikan pejabat di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (29/2).

Advertisement

Djoko akan memangku jabatan Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas. Ini merupakan posisi baru sebagai hasil dari perombakan struktur organisasi di satuan kerja tersebut.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 17 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja SKK Migas, struktur baru SKK Migas terdiri dari sembilan perangkat yakni Kepala SKK Migas, Wakil Kepala, Sekretaris, Pengawas Internal, Deputi Perencanaan, Deputi Operasi, Deputi Keuangan dan Monetisasi. Deputi Pengendalian Pengadaan, dan Deputi Dukungan Bisnis.

Jika mengacu struktur lama, ada satu deputi yang dihapus yakni Deputi Pengendalian Komersial. Sebagai gantinya ada posisi deputi baru yakni Deputi Pengendalian Pengadaan. Tugasnya mengelola pengadaan barang dan jasa, rantai suplai, tingkat komponen dalam negeri, pengawasan dan analisis biaya, serta pengelolaan aset barang milik negara yang dikelola oleh kontraktor.

(Baca: Perombakan Struktur Organisasi, SKK Migas Miliki 9 Pimpinan)

Alhasil, selain mengangkat Djoko sebagai deputi baru, Jonan juga mengukuhkan pimpinan SKK Migas lainnya di luar Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Pengawas Internal.

  1. I Zikrullah sebagai Wakil Kepala
  2. Budi Agustyono sebagai Sekretaris
  3. Gunawan Sutadiwiria sebagai Deputi Perencanaan
  4. Muliawan sebagai Deputi Operasi SKK Migas
  5. Parulian Sihotang sebagai Deputi Keuangan dan Monetisasi
  6. Rudianto Rimbono sebagai Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas

Kepala Humas SKK Migas Taslim Z. Yunus berharap, struktur baru ini dapat membuat SKK Migas bekerja semakin efisien. Apalagi, di dalam tubuh SKK Migas saat ini terdapat deputi baru yang diperlukan untuk mengawasi proses pengadaan pada kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement