Calon Dirut Pertamina, Rini: Ada Potensi dari Luar Perusahaan

Desy Setyowati
8 Februari 2017, 16:56
Rini Soemarno
Katadata | Arief Kamaludin

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku, saat ini masih menunggu usulan dari Dewan Komisaris Pertamina mengenai calon direktur utama perusahaan tersebut. Calon itu tidak menutup kemungkinan juga berasal dari luar Pertamina.

Menurut Rini, Kementerian BUMN masih mempunyai waktu sebulan ke depan untuk menetapkan pimpinan baru di Pertamina. Nama calon-calonnya akan diajukan oleh Dewan Komisaris dari hasil rapat secara kolektif. Selain itu, dia juga akan melihat para kandidat lain di luar perusahaan energi pelat merah tersebut.

Advertisement

“Nanti kami lihat. Kami lihat ada potensi-potensi dari luar Pertamina,” kata Rini di Jakarta, Rabu (8/2). Namun, dia enggan menyebutkan lebih detail perihal kriteria atau nama-nama calon bos baru Pertamina. (Baca: Luhut Utamakan Dirut Baru Pertamina yang Punya Kompetensi)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga punya pandangan mengenai kandidat Dirut Pertamina yang baru. Ia tidak mempersoalkan latar belakang calon, baik yang berasal dari internal maupun dari luar perusahaan.

Begitu pula dengan pengalaman para calon di bidang migas. Namun, Luhut mengutamakan syarat kompetensi dalam pemilihan Dirut Pertamina. Dengan begitu, pemimpin baru tersebut dapat membuat perusahaan lebih efisien dan produktif di tengah persaingan global. "Yang paling utama kompetensinya," katanya, Senin lalu (6/2).

(Baca: Pencopotan Dirut Pertamina Diduga Akibat Tarik-Menarik Politik)

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata, ada beberapa kandidat dirut baru Pertamina. Dari internal perusahaan, mencuat nama Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Rachmad Hardadi. Saat pencopotan Dwi Soetjipto dari kursi Dirut Pertamina pada Jumat pekan lalu, nama ini pun sudah digadang-gadang.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement