Indonesia Gandeng Amerika Bangun Bandara dan Transportasi Udara

Miftah Ardhian
17 Januari 2017, 19:27
Bandara Soetta
Donang Wahyu|KATADATA

Pemerintah bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk mengembangkan beberapa program dan proyek di sektor transportasi udara. Sebagai langkah awal, kedua negara menggelar diskusi kelompok kerja (working group) untuk menyusun rencana peningkatan kerja sama tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terdapat beberapa program dan proyek yang akan dibahas dalam working group bersama pihak AS ini. Pertama, terkait dengan rencana penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta ke Los Angeles atau US Airliner dari AS ke Jakarta dan Bali.

Advertisement

Dalam diskusi tersebut akan membahas tentang realisasi rencana tersebut dengan menggandeng satu mitra lagi, yakni Jepang. "Kemarin Presiden Joko Widodo telah bertemu Perdana Menteri Jepang, disampaikan bahwa seyogyanya bisa transit di Tokyo, sehingga, tiga negara tersebut bisa terjahit kemanfaatan yang bagus," ujar Budi saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (17/1).

(Baca: Kembangkan Dua Bandara, Pemerintah Berniat Jual Saham Angkasa Pura)

Ia menjelaskan, penerbangan Garuda ke AS dengan transit di Tokyo merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan okupansi penumpang Garuda saat menuju AS. Budi tidak ingin kursi penumpang Garuda ke AS ini banyak yang kosong, sehingga transit di Tokyo membuat potensi keterisian pesawat semakin besar. Dengan rencana ini, semua pihak diklaim dapat mendapatkan keuntungan.

Kedua, pembahasan beberapa proyek pengembangan bandara di Indonesia. Pemerintah berkeinginan pihak swasta dari AS atau negara lain berinvestasi membangun bandara yang cukup potensial, yakni Kualanamu dan Balikpapan. Pemilihan kedua bandara tersebut pun sudah dikonsultasikan dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement