Di Depan Para Menteri, Jokowi: Tak Ada Reshuffle dalam Waktu Dekat

Dalam sepekan terakhir, Jokowi sudah dua kali menegaskan tidak adanya perombakan kabinet dalam waktu dekat ini.
Yura Syahrul
4 Januari 2017, 22:11
Sidang kabinet
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat kabinet di Kantor Kepresidenan, Jakarta, 29 Desember 2016.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menepis kabar adanya rencana perombakan (reshuffle) kabinet dalam waktu dekat ini. Kali ini, penegasan itu disampaikannya di depan para menteri Kabinet Kerja.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengungkapkan, penegasan Presiden tersebut disampaikan dalam sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan, Bogor, Rabu (4/1).

“Saudara-saudara sekalian, bagian yang menggembirakan dan terpenting bagi para menteri, ini para menteri, Presiden menegaskan bahwa tidak ada reshuffle kabinet,” kata Pramono kepada wartawan usai sidang kabinet paripurna, seperti dikutip dari siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Meski begitu, menurut Pramono, Presiden memberikan pengecualian bahwa perombakan kabinet bisa terjadi karena dibutuhkan untuk beberapa hal. “Tidak ada reshuffle kabinet, kecuali yang memang perlu di-reshuffle karena beberapa hal. Tetapi tidak akan ada reshuffle dalam waktu dekat," katanya.

Namun, Presiden melalui Pramono tidak menjelaskan batasan waktu yang dimaksud “dalam waktu dekat” tersebut. “Jadi supaya tidak disalahtafsirkan, tidak ada reshuffle dalam waktu dekat.” (Baca: Jokowi Tepis Rencana Reshuffle Kabinet di Akhir Tahun)

Menurut Pramono, penegasan Presiden yang disampaikan di awal sidang kabinet itu telah meningkatkan semangat bekerja para menteri pada tahun ini. Apalagi, Presiden secara khusus menjamu para menteri dengan berbagai makanan angkringan khas Kota Bogor.

"Pak Luhut, Pak Darmin, Pak Wiranto hari ini semuanya semangat karena tadi pertama Presiden mengumumkan tidak ada reshuffle. Yang kedua makanannya semuanya dipilih oleh Presiden dan enak semua," ujar Pramono yang saat memberikan penjelasan itu didampingi Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menko Polhukam Wiranto.

(Galeri Foto: Jokowi Lantik Wajah Baru Kabinet Kerja)

Dalam sepekan terakhir, Jokowi sudah dua kali menegaskan tidak adanya reshuffle dalam waktu dekat ini. Pada Kamis (29/12) pekan lalu, saat meninjau pembangunan wisma atlet di Kemayoran, Jokowi menyatakan bahwa tidak ada rencana apapun untuk merombak kabinet. "Tidak ada," katanya. Bahkan, Presiden sempat dua kali mengulang penegasannya tersebut.

Kabar perombakan kabinet kembali berhembus kencang dalam dua pekan terakhir ini. Selain terkait kinerja, kabarnya rencana reshuffle jilid III ini lantaran bertambahnya partai politik yang diajak masuk ke pemerintahan. “Dalam waktu dekat (reshuffle) karena masuknya Partai Gerindra,” kata sumber Katadata di pemerintahan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait