KAI Segera Datangkan 2 Rangkaian Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Miftah Ardhian
28 Desember 2016, 17:32
Gerbong kereta
Arief Kamaludin (Katadata)
Ilustrasi

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan dua rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta akan selesai dan mulai didatangkan pada Februari tahun depan. Kepastian ini untuk memuluskan target pengoperasian kereta tersebut pada Juni 2017.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menjelaskan, pihaknya sudah menyelesaikan masalah pembebasan lahan untuk proyek tersebut. Meski masih ada beberapa meter lahan yang masih menjadi masalah, dia optimistis pengerjaan konstruksi kereta bandara itu tetap berjalan secara normal.

Edi menyoroti salah satu kemajuan proyek tersebut adalah pengerjaan rangkaian kereta. Rangkaian kereta yang dikerjakan oleh konsorsium Bombardier Transportation (Swedia) dan PT INKA ini akan selesai dan didatangkan sebagian pada Februari 2017.

(Baca: Gandeng 3 Bank BUMN, KAI Buat Kartu Elektronik Transportasi)

"Dua train set (akan datang), itu akan datang berangsur ya," ujar Edi saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (28/12). Sedangkan, secara keseluruhan, rencananya terdapat 10 rangkaian kereta yang akan beroperasi menuju Bandara Soekarno-Hatta tersebut.

Di sisi lain, KAI tengah mengkaji harga tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu, KAI masih akan melakukan penghitungan ulang nilai investasi yang akan dikeluarkan untuk membangun infrastruktur transportasi tersebut.

Sebelumnya, KAI menghitung biaya yang perlu dikeluarkan sekitar Rp 2,7 Triiun. Namun, Edi mengatakan nilainya akan mengalami sedikit kenaikan.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...