Kepala BKPM Minta Semua Kementerian Terbuka Terhadap Investasi

Ameidyo Daud Nasution
28 Juli 2016, 16:34
BKPM
KATADATA | Arief Kamaludin

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang baru, Thomas Lembong, meminta seluruh kementerian membuka diri terhadap investor dan peluang investasi. Keterbukaan itu dalam bentuk kesiapan merespons minat investasi dengan melakukan sejumlah deregulasi. Selain itu, memberikan kemudahan perizinan agar rencana investasi dapat segera terealisasi.

Lembong mengungkapkan, Presiden Joko Widodo dalam sidang kabinet memberikan arahan bahwa investasi saat ini menjadi kunci dari kemajuan ekonomi. Karena itu, menurut dia, pemerintah harus mendorong masuknya investasi ke dalam negeri.

Namun, dia memandang, perlunya melanjutkan upaya reformasi dan deregulasi aturan untuk lebih memudahkan masuk dan terealisasinya rencana investasi. "Karena realisasi investasi kita masih akibat masalah di dalam (pemerintahan)," kata Lembong dalam serah terima jabatan Kepala BKPM dari Franky Sibarani di Gedung BKPM, Jakarta, Kamis (28/7).

(Baca: BKPM: Pemeriksaan Impor Barang Modal Saat Ini Tak Sampai Sehari)

Bekas Menteri Perdagangan ini juga menjanjikan BKPM akan tetap menjadi ujung tombak deregulasi serta reformasi ekonomi. Selama ini, BKPM dan Kementerian Perdagangan di masa kepemimpinannya telah berkolaborasi dan menghasilkan beberapa kemudahan investasi. Salah satunya adalah percepatan jalur hijau yang digagas bersama Direktorat Jenderal Bea Cukai.

"Jadi tidak ada jalan pintas, harus tetap penyederhanaan termasuk di daerah," katanya.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...