Temui Jokowi di Istana, Bos Inpex Janji Proyek Masela Jalan Terus

Yura Syahrul
Oleh Yura Syahrul - Arnold Sirait
14 Juni 2016, 10:03
Blok Masela
Arief Kamaludin | Katadata

Inpex Corporation masih berkomitmen melanjutkan proyek pengembangan Blok Masela meskipun harus menggunakan skema pengolahan di darat (onshore). Komitmen tersebut akan disampaikan langsung oleh petinggi perusahaan asal Jepang itu –dalam lawatan khususnya ke Indonesia--- kepada Presiden Joko Widodo.

Rencananya, Selasa (14/6) pagi ini, Presiden akan menerima delegasi Inpex Corporation di Istana Merdeka, Jakarta. Delegasi itu dipimpin langsung oleh Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Inpex Toshiaki Kitamura.

Juru bicara Inpex Usman Slamet membenarkan rencana pertemuan tersebut. “Langsung dari Tokyo, President & CEO Inpex Corporation,” katanya kepada Katadata, melalui layanan pesan Whatsapp.

Dalam pertemuan itu, menurut Usman, pimpinan Inpex akan menyampaikan penegasan kepada Presiden untuk melanjutkan proyek pengembangan lapangan gas Abadi di Blok Masela. Namun, dia tidak mau menjelaskan lebih detail perihal rencana materi pembicaraan lainnya, termasuk kemungkinan meminta insentif kepada pemerintah.

(Baca: Inpex Minta Perubahan Syarat Kontrak Blok Masela)

Sebenarnya, komitmen melanjutkan pengembangan ladang kaya gas di Laut Arafura, Maluku, tersebut sudah pernah disampaikan petinggi Inpex kepada Jokowi melalui surat resminya pada akhir Mei lalu. “Pesan yang kami sampaikan, Inpex menghormati keputusan Presiden dan berkomitmen melanjutkan pengembangan Blok Masela dengan konsep darat,” kata Usman, 26 Mei lalu.

Sebaliknya, menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Presiden saat melawat ke Jepang akhir Mei lalu, juga diagendakan membahas kepastian investasi Inpex di Blok Masela.

“Di sana ada pertemuan dengan Inpex,” kata Sudirman.

Kepastian investasi Inpex di Blok Masela memang sempat mengundang pertanyaan setelah Jokowi memutuskan skema pengembangan blok minyak dan gas bumi itu menggunakan kilang pengolahan di darat. Pertimbangannya, untuk menciptakan efek berantai perekonomian bagi masyarakat Maluku dan Indonesia pada umumnya.

(Baca: Surati Jokowi, Inpex Berkomitmen Segera Garap Blok Masela)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...