Kumpulkan Ribuan Eselon II, Jokowi Minta Fokus Program Prioritas

Desy Setyowati
7 Juni 2016, 13:38
Proyek LRT
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Joko Widodo saat meresmikan proyek pembangunan LRT di Jabodetabek.

Presiden Joko Widodo meminta para pejabat pemerintah fokus menggarap program-program prioritas pembangunan di tengah keterbatasan anggaran negara saat ini. Hal tersebut disampaikan Presiden di depan ribuan pejabat Eselon II semua kementerian dan lembaga negara (K/L) di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (7/6).

Menurut Jokowi, percepatan program prioritas dan efisiensi tersebut bisa diterapkan hingga barisan terbawah pemerintahan. Untuk itu ada tiga hal yang perlu dilakukan. Pertama, gerak langkah kebijakan pemerintah harus selaras mulai dari pemerintah pusat, kepala lembaga, jajaran di bawah K/L, hingga ke pemerintah daerah (Pemda).

Kedua, mempercepat kinerja baik itu pembangunan infrastruktur ataupun program prioritas lainnya. Untuk mempercepat pembangunan itu, para pejabat Eselon I dan II diharapkan fokus pada program bukan lagi pada fungsinya masing-masing. Jadi, setiap kementerian atau lembaga negara harus mengajukan program yang utama dan fokus sehingga hasilnya bisa lebih cepat dirasakan oleh masyarakat.

“Cukup satu, dua, atau tiga (program) cukup. Tapi jadi, bermanfaat, bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat. Itu kuncinya,” kata Jokowi.

(Baca: 139 Proyek Strategis Belum Jalan, Jokowi Panggil Para Menteri)

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...