Pemerintah Minta Pertamina Gandeng Pemda Masuk ke Blok Masela

Yura Syahrul
11 Februari 2016, 20:06
Asing Dibatasi dalam Jasa Pengeboran Migas.jpg
KATADATA/
Ilustrasi blok migas di tengah laut.

KATADATA - Pemerintah tampaknya akan mengabulkan keinginan PT Pertamina (Persero) untuk mendapatkan saham partisipasi di Blok Masela. Namun, Pertamina diminta bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Maluku.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, jatah saham partisipasi pemerintah daerah yang sebesar 10 persen bisa dibagi dua dengan Pertamina. “Tapi yang membiayai Pertamina. Daerah harus tetap dapat,” katanya di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/2).

Pemerintah memang akan memberikan saham partisipasi Blok Masela kepada pemerintah daerah Maluku, tempat beradanya blok tersebut, sebesar 10 persen. Jatah saham ini akan diberikan setelah pemerintah menyetujui proposal rencana pengembangan lapangan (Plan of Development) Blok Masela yang diajukan oleh Inpex Masela. Namun, hingga saat ini pemerintah masih membahas skema pengembangan blok tersebut, apakah menggunakan skema pengolahan di darat atau di laut menggunakan kilang LNG terapung (FLNG).

Di tempat terpisah, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengakui pihaknya sangat meminati saham Blok Masela. Jika pemerintah pusat akhirnya menyerahkan 10 persen saham partisipasi blok itu kepada pemerintah daerah, dia meminta tambahan saham sekitar 20 persen. "Pemerintah kan akan sangat perhatian dengan BUMD daerah. Kalau memang 10 persen ke daerah, kami akan minta 10-20 persen saham lainnya," katanya di Jakarta.

(Baca: Seteru di Balik Kisruh Pengembangan Blok Masela)

Namun, Dwi menyerahkan keputusan pembagian saham tersebut kepada pemerintah pusat. Sebab, dia juga memaklumi posisi pemerintah yang sampai saat ini belum memutuskan skema pengembangan Blok Masela. “Pertamina akan menuruti apapun keputusan yang diambil pemerintah, baik skema darat ataupun laut,” katanya.

Sementara itu, Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan jika memang pemerintah memberikan 10 persen saham kepada pemerintah daerah Maluku, Pertamina siap membeli saham Blok Masela melalui skema bisnis. Jadi, Pertamina siap membayar saham tersebut sesuai dengan nilai asetnya. Namun, dia enggan mengungkapkan dana yang disiapkan Pertamina untuk membiayai hajatan itu.

(Baca: Jelang Putusan Blok Masela, Menteri Rizal dan Sudirman Masih Ribut)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait, Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...