Tender Proyek 2016 Rampung, ESDM Bersiap Teken Kontrak Rp 7 Triliun

Yura Syahrul
12 Januari 2016, 18:15
No image
Menteri ESDM Sudirman Said

KATADATA - Seakan tak ingin mengulangi pengalaman tahun lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) langsung tancap gas untuk mempercepat penyerapan anggaran pada tahun ini. Rencananya, sampai Febuari mendatang, Kementerian ESDM menargetkan penandatanganan kontrak proyek-proyek senilai hampir Rp 7 triliun.

Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan, pihaknya berencana meneken perjanjian sejumlah kontrak proyek pada Kamis nanti (14/1). Nilainya ditaksir hampir Rp 1 triliun. Sedangkan untuk tahap kedua pada Februari mendatang, Kementerian ESDM akan meneken lagi kontrak proyek dengan total nilai sekitar Rp 6 triliun.  

“Itu artinya mulai Januari kami sudah mulai kegiatan proyek, sudah mulai bayar uang muka dan penyerapannya (anggaran),” kata Sudirman di Istana Negara, Jakarta, Selasa siang (12/1), seperti dikutip dari laman situs Sekretariat Kabinet.

Jika mengacu kepada pencapaian tersebut, Sudirman optimistis penyerapan anggaran Kementerian ESDM tahun ini bakal lebih baik dari tahun lalu. Sebab, pihaknya telah memulai proses tender proyek Tahun Anggaran 2016 sejak bulan November tahun lalu. Bahkan, seluruh tender proyek tersebut sudah berhasil dirampungkan pada Desember 2015.

(Baca: Kementerian ESDM Targetkan Penyerapan Anggaran 90 Persen Tahun Depan)

Menurut Sudirman, jumlah proyek yang sudah ditenderkan mencapai sekitar 200-an proyek. Ratusan proyek itu meliputi berbagai subsektor, yaitu proyek listrik, energi baru dan terbarukan (EBT), air, minyak dan gas bumi (migas), serta mineral dan pertambangan (minerba). Selain itu, ada sedikit proyek pertambangan batubara. “Sedikit karena investasi pemerintah di minerba tidak banyak,” katanya.

Ia pun memastikan, hampir semua proyek yang sumber pendanaannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diserahkan atau dikerjakan oleh pelaku usaha di dalam negeri. Di sisi lain, terkait investasi tahun ini, Sudirman menargetkan realisasi investasinya sebesar Rp 700 triliun. “Itu di luar APBN.”

Halaman:
Reporter: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...