Jelang Sidang Putusan Setya, Jokowi "Kirim" Dua Pesan ke MKD

Yura Syahrul
15 Desember 2015, 17:03
jokowi
Katadata | Arief Kamaludin

KATADATA - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar sidang final putusan kasus dugaan pelanggaran kode etik oleh Ketua DPR Setya Novanto pada Rabu besok (16/12). Sehari menjelang sidang digelar, Presiden Joko Widodo “mengirimkan” dua pesan kepada para anggota mahkamah.

Kepada para wartawan sesuai acara penyerahan penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2015 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/12), Jokowi menyatakan selalu mengikuti jalannya sidang MKD. Karena itu, dia meminta agar para anggota MKD melihat fakta-fakta yang ada dan mendengarkan harapan publik ketika mengambil keputusan kasus pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang diduga melibatkan Setya Novanto.

“Dengarkan suara publik, dengarkan suara masyarakat, dengarkan suara rakyat. Cukup,” tandas Jokowi, seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.

(Baca: Transkrip Rekaman Lengkap Kongkalikong Lobi Freeport)

Sebelumnya, saat berpidato dalam acara penganugerahan penghargaan tersebut, Jokowi juga mengirim sinyal kepada MKD terkait dengan era keterbukaan informasi saat ini. Ia menyatakan, Indonesia berada pada era baru pola komunikasi di antara pemerintah dan rakyat. Rakyat menginginkan transparansi, keterbukaan informasi, interaktif dan dialogis sehingga pemerintahan harus responsif.

“Hanya dengan mengadopsi pemerintahan yang terbuka maka akan terbangun legitimasi dan kepercayaan publik. Keterbukaan informasi tidak dapat kita cegah,” tandasnya.

Pernyataan tersebut ditegaskan kembali oleh Jokowi kepada wartawan seusai acara penganugerahan.  Presiden mengingatkan, saat ini eranya sudah berubah. Pejabat ataupun pemerintah tidak bisa lagi menutupi informasi dari publik. “Sangat sulit menutupi hal-hal, yang misalnya yang nggak baik. Nggak bisa, eranya sudah era keterbukaan seperti ini.”

(Baca: Tiga Orang di Balik Rekaman Skenario Kontrak Freeport)

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...