Pelindo II akan Kerjasama Pengelolaan Pelabuhan Krakatau Steel

Yura Syahrul
7 Desember 2015, 14:11
pelabuhan-ekspor
KATADATA

KATADATA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mengkaji kemungkinan melibatkan PT Pelindo II (Persero)  dalam mengelola pelabuhan PT Krakatau Steel Tbk. Rencana tersebut merupakan bagian dari upaya sinergi di antara perusahaan pelat merah.

Menteri Negara BUMN Rini Soemarno mengaku tengah mengkaji pengelolaan pelabuhan milik Krakatau Steel bersama-sama dengan Pelindo II. “Masih mengkaji sehubungan operasional pelabuhan yg dimiliki Krakatau Stell , apakah akan dikerjasamakan dengan Pelindo II,” katanya kepada Katadata, pekan lalu. Adapun pelabuhan yang dimaksud adalah pelabuhan Krakatau Steel di Cilegon, Banten.

Meski begitu, Rini belum bersedia menjelaskan lebih detail perihal rencana kerjasama di antara dua BUMN tersebut. Ia juga belum bisa menjelaskan waktu penyelesaian kajian itu hingga dapat dijalankan. “Belum tahu, tanya deputi soal teknisnya.”

Di sisi lain, Rini menepis kemungkinan bahwa kerjasama pengelolaan pelabuhan tersebut merupakan langkah awal Pelindo II untuk membeli saham Krakatau Steel. "Hanya pengelolaan pelabuhan saja, bukan pembelian saham," katanya. Hingga berita ini ditulis, Katadata masih belum memperoleh konfirmasi dari manajemen Krakatau Steel dan Pelindo II.

Selama ini, lini bisnis utama Krakatau Steel adalah produk baja. Namun, perusahaan ini juga punya beberapa lini usaha pendukung, seperti jasa pengelolaan pelabuhan, real estate dan perhotelan, rekayasa dan konstruksi, serta segmen jasa lainnya seperti teknologi informasi (TI), media, dan kelistrikan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...