Auditor Sulit Mengungkap Pembocor Rahasia Tender Minyak oleh Petral

Yura Syahrul
9 November 2015, 20:09
Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto
Arief Kamaludin|KATADATA
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto

KATADATA - Audit investigasi Pertamina Energy Trading Limited (Petral) sudah rampung dan disampaikan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Namun, pihak auditor sampai saat ini belum bisa menemukan ‘orang dalam’ yang telah membocorkan informasi mengenai tender impor minyak mentah dan bahan bakar minyak (BBM) oleh Petral.

Menurut Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, salah satu kendala yang dihadapi auditor untuk mengungkap hal tersebut adalah karyawan Pertamina tidak kooperatif selama masa proses audit. Padahal, audit tersebut mengindikasikan adanya kebocoran informasi rahasia mengenai tender, seperti harga dan volume impor minyak. Indikasi itu berdasarkan temuan surat elektronik (e-mail).

Advertisement

"Tentang kebocoran informasi, kami akan mengambil langkah nanti. Karena sementara ini oleh auditor forensik masih belum bisa digali lebih jauh," katanya di Gedung Pertamina, Jakarta, Senin (9/11).

Dwi berjanji, manajemen Pertamina akan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hasil audit tersebut. Jika nanti terungkap adanya orang dalam Pertamina yang menjadi pembocor maka akan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, Sudirman Said menjelaskan, adanya keterlibatan pihak ketiga dalam proses pengadaan dan jual beli minyak mentah maupun produk BBM di Petral. Pihak ketiga itu turut campur mulai dari mengatur proses tender, membocorkan informasi mengenai harga penawaran, hingga menggunakan instrumen karyawan Petral untuk memenangkan hasil tender tersebut.

Akibat praktik tersebut, Pertamina dan Petral, bahkan masyarakat luas, dirugikan karena tidak memperoleh harga yang optimal. Yaitu, harga yang terbaik ketika melakukan pengadaan-pengadaan minyak mentah dan produk BBM. Audit Petral ini untuk periode tahun 2012 hingga 2015, yang dilakukan oleh perusahaan audit forensik asal Australia, Kordamentha.

(Baca: Pemerintah Belum Pastikan Hasil Audit Petral Bisa Diproses Hukum)

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement