Setahun Jokowi, Kadin Menilai Positif Kebijakan Ekonomi

Yura Syahrul
19 Oktober 2015, 16:36
Jokowi & JK
Arief Kamaludin|KATADATA
Jokowi & JK KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA - Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melihat kondisi ekonomi yang dihadapi pemerintah saat ini tidak mudah. Namun, mereka menilai selama satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), kebijakan yang dibuat pemerintah telah berjalan baik.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan, kebijakan yang dijalankan pemerintah selama setahun ini telah tepat sasaran kepada dunia usaha. Meski di sisi lain, perekonomian Indonesia cenderung melambat karena turut dipengaruhi oleh belum pulihnya perekonomian global. “Tidak adil juga kita menyalahkan pemerintah dengan kondisi ekonomi yang dipengaruhi kondisi eksternal ini," katanya seusai seminar Kadin di Jakarta, Senin (19/10).

Advertisement

Suryo mencontohkan salah satu kebijakan Jokowi yang dinilai pro-dunia usaha, yaitu paket kebijakan ekonomi jilid III. Paket kebijakan yang dirilis 7 Oktober lalu itu, menurut dia, berdampak langsung kepada dunia usaha. Namun, pemerintah harus menjaga implementasi paket kebijakan tersebut demi keberlangsungan dunia usaha dalam jangka panjang.

"Yang penting implementasi dijaga. Kami harapkan lancar dan tidak malah menjadikan birokrasi baru," kata Suryo. Sekadar informasi, paket kebijakan jilid III memuat sejumlah insentif bagi pelaku industri. Antara lain, penurunan tarif listrik dan harga gas untuk semjumlah sektor industri per 1 Januari tahun depan. Selain itu, menyederhanakan izin penggunaan lahan untuk kegiatan usaha penanaman modal.

(Baca: Harga Solar dan Gas Industri Turun, Tarif Listrik Diberi Diskon)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement