Membidik Kelompok yang Tidak Percaya Covid-19

Intan Nirmala Sari
29 Maret 2023, 16:00
Ilustrasi Pandemic Talks
Katadata
Ilustrasi Pandemic Talks

Satu di antara sisi baik dari dampak Covid-19 yakni munculnya kepedulian kolektif di masyarakat untuk menangani pandemi tersebut. Berbagai tokoh dan lembaga berkumpul, secara terstruktur maupun sporadis, untuk berbagi peran menghadapi virus corona dari aspek kesehatan maupun ekonomi.

Pandemic Talks yang hadir pada Juli 2021 juga terpanggil untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi, sains, medis, dan hal lain mengenai Covid-19. Mereka membagikan informasi dengan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat melalui media sosial terutama Instagram dan Twitter.

Gerakan ini digagas oleh beberapa orang, seperti dr. Muhammad Kamil dan Mutiara Anissa selaku Co-founder Pandemic Talks. Mutira juga seorang biomedical scientist. Ada juga Firdza Radiany yang menyatakan Pandemic Talks untuk mengejar audiensi yang tidak percaya dengan Covid-19.

Dalam wawancara bersama media Jerman, DW pada Juli 2021, Kamil beserta rekannya merasakan kegelisahan akan kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air. Ketika itu istilah herd stupidity atau kebodohan komunitas mulai marak muncul di masyarakat.

Beragam kondisi tersebut membuat para penggagas tersebut menginisiasi sebuah platform data dan info Covid-19 yang kemudian dikenal sebagai Pandemic Talks. Berawal dari perbincangan iseng yang berlanjut ke obrolan podcast, para penggagas platform tersebut kian mempersempit gap informasi di masyarakat.

Alhasil, mereka memutuskan untuk memanfaatkan Instagram sebagai media informasi yang saat itu dianggap masih “kosong” informasi mengenai Covid-19. Mereka juga membuat grafis yang berisikan beragam informasi mengenai pandemi, tak hanya dari sisi kesehatan, melainkan dari semua sisi.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul

Dalam rangka mengapresiasi para tokoh yang berkontribusi besar dalam penanganan pandemi Covid-19, Katadata menyajikan edisi khusus Katadata25. Sebanyak 25 tokoh atau lembaga kami sajikan dalam beragam konten informatif. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...