Gobel Lanjutkan Bisnis, Andrinof Kembali ke Kampus

Gobel merasa selama kurang lebih 10 bulan menjabat sebagai Menteri Perdagangan merupakan masamasa yang penuh adrenalin
Yura Syahrul
12 Agustus 2015, 21:55
Katadata
KATADATA
Mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel menyambut penggantinya Thomas Lembong di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (12/8).

KATADATA ? Rabu siang tadi (12/8), Jokowi merombak sejumlah menteri dalam susunan kabinetnya. Beberapa nama baru masuk menggantikan menteri sebelumnya. Ada yang bergeser posisi, dan ada juga nama yang terpental dari Kabinet Kerja meski baru menjabat kurang dari setahun.

Dua nama yang terpental adalah Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Andrinof Chaniago dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Saat acara serah terima jabatan kepada Thomas Lembong, Rachmat Gobel terlihat beberapa kali meneteskan air mata. Dia merasa selama kurang lebih 10 bulan menjabat sebagai Menteri Perdagangan, merupakan masa-masa yang penuh adrenalin. Sebab, dihadapkan pada berbagai permasalahan yang terkait langsung dengan masyarakat, seperti kebutuhan pokok.

"Apabila ada keberhasilan dan apresiasi masyarakat itu saya alamatkan kepada seluruh eselon I, II, dan III di lingkungan Kementerian Perdagangan," kata Gobel.

Advertisement

Rachmat meyakini bahwa sosok Lembong, yang datang dari lingkungan swasta, dapat segera melanjutkan pekerjaannya dengan sangat baik. Setelah tidak lagi menjabat menteri, Rachmat akan kembali menjadi pengusaha di Panasonic Gobel.

Jika Rachmat kembali melanjutkan bisnisnya, bekas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Andrinof Chaniago mengaku akan kembali pada kegiatan sebelumnya menjadi pengajar di Universitas Indonesia. "Saya mempersiapkan diri untuk kembali ke kampus dan lembaga penelitian (setelah ini)," kata Andrinof di Gedung Bappenas, Jakarta.

Andrinof mengaku tidak kecewa lantaran harus berhenti dari jabatannya sebelum masa baktinya usai pada tahun 2019 mendatang. Dia pun berpesan kepada Sofyan Djalil yang menggantikan posisinya, agar mempersiapkan dan mengawal rencana-rencana prioritas yang ada di Bappenas selama masa kepemimpinannya.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
    News Alert

    Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

    Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
    Video Pilihan

    Artikel Terkait