Presiden Akan Umumkan Kuartet Baru Tim Ekonomi Siang Ini

Darmin Nasution menjadi Menko Perekonomian Sofyan Djalil ke Bappenas sedangkan Bambang Brodjonegoro bertahan di pos Menteri Keuangan
Yura Syahrul
12 Agustus 2015, 09:27
Katadata
KATADATA
Sofyan Djalil - Darmin Nasution - Thomas T. Lembong - Bambang P.S. Brodjonegoro

KATADATA ? Jika tak ada aral melintang, Presiden Joko Widodo akan mengumumkan susunan baru Kabinet Kerja pada Rabu ini (12/8). Empat pos menteri di bidang ekonomi, termasuk Menteri Koordinator Kemaritiman akan diisi oleh wajah-wajah baru.

?Presiden akan mengumumkan reshuffle kabinet di Istana pada jam 1 siang ini,? kata sumber Katadata di lingkungan Istana Presiden. Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata hingga Rabu pagi ini, pergantian kabinet lebih banyak terjadi di bidang perekonomian.

Ekonom senior Darmin Nasution sudah hampir pasti akan menjadi Menteri Koordinator Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. ?Pagi ini, Pak Darmin dipanggil Presiden ke istana,? kata sumber tersebut. Sedangkan Sofyan akan digeser untuk menduduki kursi Menteri Perencanaan Nasional / Kepala Bappenas menggantikan Andrinof Chaniago. Pertimbangannya, Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sepakat untuk menjalankan rencana revitalisasi Bappenas sebagai penentu anggaran. Dengan begitu, program-program ekonomi pemerintah dapat berjalan lebih lancar.

Selain itu, pos Menteri Perdagangan juga akan diisi oleh wajah baru. Thomas (Tom) Lembong, pengusaha yang juga dekat dengan Presiden Jokowi disebut-sebut akan menggantikan Rahmat Gobel. Menko Maritim Indroyono Soesilo juga terpental dari jabatannya. Penggantinya adalah Rizal Ramli, bekas Menko Perekonomian di masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid dan Komisaris Utama Bank Negara Indonesia (BNI) saat ini. Sebelumnya, Rizal juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat Menko Perekonomian.

Advertisement

Sementara itu, Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, yang sebelumnya santer disebut-sebut bakal dicopot, akhirnya tetap dipertahankan oleh Jokowi. ?Selain soal kebutuhan untuk perbaikan ekonomi, pergantian ini juga berdasarkan pertimbangan kompromi antara Presiden dan Wakil Presiden,? kata sumber lainnya.

Seperti pernah diberitakan Katadata sebelumnya, kans Darmin untuk masuk kabinet menguat saat Presiden Jokowi menghadiri acara Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), awal Juli lalu (Baca: Nakhoda Ekonomi Jokowi Mengerucut ke Dua Nama). Di organisasi ini, Darmin menjabat sebagai ketua. Sejumlah rekomendasi telah diberikan ISEI untuk perbaikan kinerja ekonomi Indonesia kepada Presiden. ?Presiden bisa menerima beberapa masukan dan target baru ekonomi yang diusulkan Darmin,? kata sumber tersebut.

Selain pos menteri-menteri ekonomi, reshuffle juga menimpa menteri-menteri di bidang politik dan keamanan. Menko Politik dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno akan digantikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan. Sedangkan Sekretaris kabinet Andi Widjajanto akan digantikan oleh politisi PDI Perjuangan, Pramono Anung.

Reporter: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait