Total Minta Kelonggaran Waktu Putuskan Blok Mahakam

“Selama pemerintah melihat tidak ada urgensi untuk harus memutuskan (secepatnya), mudah-mudahan kami bisa diberi waktu."
content-image

Total E&P Indonesie meminta kelonggaran waktu untuk memutuskan nasib saham partisipasi atau participating interest miliknya di Blok Mahakam. Padahal, PT Pertamina (Persero) sebagai kontraktor baru blok minyak dan gas bumi di Kalimantan Timur itu pasca 2017, memberi tenggat waktu proses negosiasi pembagian saham partisipasi sebelum Juni mendatang.

Sebagai Holding, Pertamina Belum Tentu Jadi Badan Penyangga Gas

Pembentukan induk usaha BUMN merupakan inisiatif Kementerian BUMN, sementara badan penyangga gas adalah kewenangan dari Kementerian ESDM.

PT Pertamina (Persero) belum tentu terpilih sebagai badan penyangga gas. Meskipun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah mendaulat Pertamina sebagai induk usaha atau holding BUMN sektor minyak dan gas bumi (migas), yang menaungi perusahaan pelat merah gas seperti PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Terbelit Audit Cost Recovery, Total: Itu Bukan Kerugian Negara

Jika memang nantinya terbukti audit BPK tersebut benar, maka kontraktor siap mengoreksi cost recovery yang sudah diterima.

Total E&P Indonesia punya pandangan berbeda terhadap hasil temuan terbaru Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai penyimpangan dana penggantian biaya operasi atau cost recovery. Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Perancis ini menganggap hal tersebut bukanlah suatu bentuk penggelembungan dana yang dapat merugikan negara.

FSRU PGN di Lampung Diharapkan Kerek Serapan LNG Domestik

Hal ini sesuai dengan langkah pemerintah yang terus berusaha mengurangi ekspor LNG nasional dengan memprioritaskan pada konsumsi dalam negeri.

Keberadaan fasilitas unit penampungan dan regasifikasi atau Floating Storage Regatification Unit (FSRU) Lampung digadang-gadang mampu meningkatkan penyerapan produksi gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) domestik. Tujuannya agar gas yang dihasilkan di dalam negeri bisa dimanfaatkan untuk industri di Indonesia.

Ekonografik: BBM Indonesia Termurah Ketiga di ASEAN

Dengan harga premium Rp. 6.450, Indonesia hanya berada di atas Malaysia dan Brunei.
content-image

Sejak penurunan harga BBM di awal bulan ini, Indonesia menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang menjual bahan bakar termurah. Dengan harga premium Rp. 6.450, Indonesia hanya berada di atas Malaysia dan Brunei.

BI Peringatkan Risiko Masuknya Dana Tax Amnesty Rp 560 Triliun

Ketua OJK Muliaman D. Hadad juga mengusulkan agar repatriasi dilakukan bertahap. Selain itu, dana repatriasi juga bisa masuk ke modal perusahaan dan ada surat berharga khusus proyek infrastruktur.

Bank Indonesia (BI) memperingatkan risiko masuknya dana reptariasi hasil kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) yang ditaksir mencapai ratusan triliun rupiah. Jika instrumennya tidak dipersiapkan dengan baik maka berpotensi mengganggu stabilitas makroekonomi dan pasar keuangan domestik.

Pertama dalam 5 Tahun, Investasi Asing di Indonesia Menurun

Investasi asal Cina masuk lima besar negara penanam modal di Indonesia.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat Penanaman Modal Asing (PMA) menurun untuk pertama kalinya sejak tahun 2011 lalu. Investasi asing pada kuartal satu 2016 sebesar Rp 96,1 triliun atau turun dari kuartal keempat tahun lalu yang mencapai Rp 99,2 triliun.

Bantah Terlibat Panama Papers, Luhut: Saya Tak Tahu Mayfair

"Saya tidak pernah terlibat di dalam itu (Panama Papers). Saya tidak tahu Mayfair International Ltd. itu"

Megaskandal penggelapan pajak yang tertuang dalam dokumen Panama Papers, banyak menyeret tokoh-tokoh dan pejabat publik dunia, salah satunya Indonesia. Setelah nama Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis, kali ini, Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan yang ikut terseret.