Lebih dari setahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Beragam aktivitas perekonomian pun terganggu dengan adanya krisis kesehatan ini. Namun, keberadaan marketplace mampu memberikan angin segar bagi pelaku usaha. Tokopedia sebagai salah satu pemain pun turut berkontribusi membangkitkan aktivitas usaha sekaligus menjawab berbagai kebutuhan konsumen di tengah keterbatasan mobilitas masyarakat.
Simak Video Story
Penjualan Online jadi Penyelamat Saat Pandemi
Pelaku usaha yang perekonomiannya terdampak pandemi Covid-19 mulai beralih ke platform online. Tokopedia menjadi salah satu platform pilihan pelaku usaha untuk tetap bertahan di masa krisis.
Ragam Alasan Pelaku Usaha Berjualan Online
Berjualan online mampu membangkitkan kegiatan usaha yang meredup akibat pandemi dan memberikan beragam keuntungan.
UMKM Mampu Bertahan dan Berkembang
Tumbuhnya jumlah pelaku usaha yang bertransaksi di Tokopedia memperlihatkan kemampuan mereka untuk terus bergerak saat pandemi.
Pelaku Usaha yang Bertransaksi di Tokopedia Meningkat
Saat pandemi berlangsung, terjadi pertumbuhan jumlah pelaku usaha yang bertransaksi di Tokopedia.
Volume Penjualan Pelaku Usaha Terus Meningkat
Terjadi pergeseran saluran penjualan dari sejumlah kanal ke platform marketplace. Tokopedia menjadi platform paling diminati baik sebelum maupun saat pandemi. Jumlah volume penjualan pelaku usaha bahkan meningkat drastis.
Volume Penjualan Pelaku Usaha di Tokopedia Melonjak
7 dari 10 pelaku usaha mengalami peningkatan volume penjualan dengan median sebesar 133%
Platform Bagi Pelaku Usaha Mengembangkan Inovasi Produk
Tokopedia menjadi platform pelaku usaha untuk berinovasi mengembangkan produk saat pandemi. Berdasarkan data internal Tokopedia, penjual produk kesehatan serta makanan dan minuman mengalami kenaikan paling signifikan.
Mendukung Pemerataan Ekonomi Secara Digital
Dengan aktivitas perdagangan online di berbagai provinsi, Tokopedia ikut berkontribusi meningkatkan pemerataan ekonomi di Indonesia lewat teknologi.
Peningkatan Pendapatan Terjadi di Beragam Wilayah
Pelaku usaha yang berada di sejumlah provinsi mengalami peningkatan penjualan di Tokopedia saat pandemi.
Pandemi Mengubah Pola Konsumsi
Pandemi Covid-19 telah mengubah pola konsumsi masyarakat. Pengeluaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan, hobi, dan tagihan meningkat selama pandemi.
Dorong Semangat Belanja Online Selama Pandemi
Berbelanja online kian diminati pembeli saat pandemi. Selain promo menarik yang ditawarkan platform online saat PSBB, menghindari potensi kontak virus menjadi alasan pembeli memilih berbelanja online.
Meningkatkan Inklusi Keuangan
Pandemi Covid-19 mengubah perilaku masyarakat dalam bertransaksi. Tokopedia sebagai platform digital turut mendorong adopsi metode pembayaran digital maupun inklusi keuangan pelaku usaha dan konsumen.
Adopsi Produk Keuangan*
E-wallet terverifikasi dan Mobile/Internet Banking merupakan dua produk keuangan yang paling banyak didaftarkan saat pandemi.
*Responden bisa memilih lebih dari satu jawaban
Keinginan Belanja Online Tetap Tinggi Pasca Pandemi
Aktivitas belanja online banyak diminati konsumen saat pandemi dan tetap diminati setelah pandemi berakhir.
Minat Belanja Online Pasca Pandemi
Apakah konsumen tetap ingin belanja online saat pandemi berakhir?