Perilaku Konsumen
e-Commerce Indonesia

Laporan Lengkap dapat diunduh pada tautan ini

Pola perilaku belanja di e-commerce pada 2020 diukur berdasarkan transaksi konsumen melalui Kredivo. Profil konsumen diulas, dari gender, umur, lokasi, hingga jenis produk yang dibeli. Demikian pula persepsi pengguna PayLater di Indonesia, sebagai salah satu alternatif pembayaran digital.

Riset ini disajikan oleh Kredivo, salah satu penyedia layanan pembayaran PayLater bagi ratusan e-commerce di Indonesia. Temuan riset ini diharapkan bermanfaat untuk memonitor perkembangan e-commerce dan menjadi rujukan bagi berbagai pihak.

Siapa Saja Konsumen e-Commerce?

Karakteristik konsumen e-commerce pada 2020 diidentifikasi berdasarkan lokasi, gender, pendapatan, dan rata-rata transaksi.

Terkonsentrasi di Kota Besar

Transaksi e-commerce saat terkonsentrasi di kota/kabupaten tier 1. Didominasi oleh Generasi Z dan Milenial.

Semakin Muda, Semakin Banyak Belanja

Porsi pendapatan yang dibelanjakan oleh generasi muda di e-commerce lebih besar.

Beda Karakteristik antar Gender

Konsumen perempuan membeli lebih banyak barang daripada laki-laki, dengan nilai transaksi rata-rata per barang yang lebih kecil.

Apa Saja yang Mereka Beli?

Beberapa peningkatan dan penurunan pada tiap kategori produk, serta kategori produk yang banyak dibeli konsumen pada 2020.

Produk Fashion masih Memimpin

Produk fashion masih menjadi idola di 2020, meskipun mengalami penurunan. Adapun transaksi pulsa dan voucher mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

Elektronik Melejit, Pariwisata Terpukul

Rata-rata kenaikan nilai transaksi pada sebagian besar kategori produk.

Nilai Transaksi Komputer Pada Perempuan Lebih Tinggi

Konsumen perempuan cenderung mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli komputer dan gadget dibandingkan laki-laki.

Nilai Transaksi Generasi Milenial Lebih Tinggi Dibandingkan Generasi Lainnya

Konsumen milenial dan yang berpendapatan di atas 10 juta bertransaksi dengan nilai yang lebih tinggi.

Waktu Terbaik untuk Berbelanja Online

Waktu transaksi dan pola belanja konsumen pada hari-hari spesial di e-commerce selama 2020 dianalisis lebih lanjut.

Awal Minggu jadi Pilihan

Dalam seminggu, jumlah transaksi relatif merata dengan kecenderungan lebih tinggi di awal minggu.

Siang Hari, Waktu Belanja Terpopuler

Dalam sehari, lonjakan transaksi terjadi pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore dan pukul 7 hingga 9 malam.

Transaksi di Tanggal Cantik

Festival Belanja Online masih cukup efektif meningkatkan jumlah transaksi di masa pandemi.

Perilaku Pembayaran Konsumen dalam Berbelanja Online

Perilaku pembayaran konsumen secara umum dalam berbelanja online dan persepsi konsumen dalam menggunakan metode pembayaran PayLater diukur dengan survei.

PayLater Banyak digunakan Bertransaksi

Dalam satu tahun terakhir, metode pembayaran PayLater digunakan oleh 27% responden untuk belanja di e-commerce.

Responden Tahu Tentang PayLater

Mayoritas responden telah mengetahui tentang PayLater dengan tingkat pengetahuan sedang.

Pengguna Baru PayLater Meningkat

Pengguna PayLater meningkat selama pandemi. 55% pengguna PayLater saat ini merupakan pengguna baru (kurang dari 1 tahun).

PayLater Sebagai Alternatif Kredit

Mayoritas responden mengatakan bahwa alternatif kredit serta kemudahan memperoleh kredit sebagai keunggulan dari PayLater

Kepuasan Responden Pada Proses Persetujuan

Lebih dari 90% responden menilai puas menggunakan PayLater, terutama terkait durasi proses persetujuan, pengalaman bertransaksi dan syarat pengajuan.

Rencana Meningkatkan Penggunaan PayLater

Hampir seluruh responden yang menggunakan PayLater mengatakan akan terus menggunakannya. Bahkan 49% akan meningkatkan penggunaan.

Metodologi

Perilaku berbelanja konsumen e-commerce ini diukur dengan menggunakan dua metode. Metode pertama adalah pengolahan data transaksi konsumen yang menggunakan layanan Kredivo. Metode kedua adalah survei untuk mengetahui perilaku pembayaran konsumen secara umum dan persepsi mereka terhadap metode pembayaran PayLater.

Metode Analisis Data Primer

Metode Survei