Perilaku Konsumen
E-commerce Indonesia 2022
Pola perilaku belanja di e-commerce diukur berdasarkan transaksi konsumen pengguna Kredivo dan survei online. Perilaku konsumen diulas dari profil demografi, jenis produk yang dibeli hingga waktu transaksi. Demikian pula tren penggunaan PayLater di Indonesia sebagai salah satu alternatif pembayaran digital.
Riset ini disajikan oleh Katadata Insight Center bekerja sama dengan Kredivo, salah satu penyedia layanan pembayaran PayLater terintegrasi e-commerce di Indonesia. Temuan riset ini diharapkan bermanfaat untuk memonitor perkembangan e-commerce dan layanan keuangan digital, serta menjadi rujukan bagi berbagai pihak.
Laporan lengkap dapat diunduh pada tautan ini
Kota-kota Tier 2 dan 3 Alami Peningkatan
Jumlah transaksi dan nilai transaksi e-commerce di kota-kota tier 2 dan 3 meningkat. Ini turut dipengaruhi upaya pemerataan infrastruktur yang dilakukan pemerintah.
Proporsi jumlah transaksi berdasarkan tier kota/kab
Proporsi nilai transaksi berdasarkan tier kota/kab
Transaksi Konsumen yang Lebih Tua Meningkat
Proporsi jumlah transaksi berdasarkan kelompok umur
Konsumen berumur 35 tahun ke atas alami peningkatan proporsi transaksi yang pesat, naik dari 23% ke 29%.
Perilaku Belanja Berdasarkan Gender
Laki-laki lebih banyak melakukan transaksi dan mengeluarkan uang saat belanja online dibandingkan perempuan.
Proporsi jumlah transaksi berdasarkan gender
Proporsi nilai transaksi berdasarkan gender
Preferensi Pilihan Marketplace
Untuk konsumen yang berbelanja lebih dari 1 kali dalam sebulan, konsumen berumur lebih tua cenderung bertransaksi di beberapa marketplace. Sementara kelompok konsumen dengan pendapatan lebih tinggi cenderung berbelanja di 1 marketplace saja.
Pilihan marketplace bagi yang bertransaksi 2 kali atau lebih dalam sebulan
Kelompok umur
Kelompok pendapatan
Gender Sangat Mempengaruhi Preferensi Kategori Produk
Laki-laki cenderung lebih banyak mengeluarkan uang untuk kategori olahraga, mainan, dan hobi, serta peralatan kantor dan belajar. Sedangkan perempuan pada kategori komputer, gadget, dan elektronik.
Rata-rata nilai transaksi berdasarkan kategori produk (Rupiah)
Laki-laki
Perempuan
Kelompok Lebih Muda Lebih Banyak Keluarkan Uang
Perbandingan rata-rata nilai transaksi pada kategori produk berdasarkan kelompok umur dan kelompok pendapatan (Rupiah)
Kelompok umur mempengaruhi besarnya uang yang dikeluarkan untuk setiap kategori produk. Sementara nilai transaksi per kategori produk berbanding lurus dengan pendapatan konsumen.
Kenaikan Transaksi di Akhir Tahun
Proporsi jumlah transaksi rata-rata per bulan
Kenaikan transaksi terjadi pada periode mendekati akhir tahun, didorong oleh promosi di e-commerce yang juga dikenal sebagai festival belanja online nasional.
Transaksi Tertinggi di Festival Belanja Online
Perbandingan jumlah transaksi pada 10 tanggal dengan volume transaksi tertinggi terhadap rata-rata jumlah transaksi harian
Volume transaksi tertinggi terjadi pada 12 Desember (12.12) dan 11 November (11.11) dengan peningkatan transaksi hingga 2x dibandingkan rata-rata transaksi harian.
PayLater Semakin Diminati Konsumen
Metode pembayaran digital yang digunakan e-commerce dalam setahun terakhir
Dibandingkan tahun sebelumnya, metode pembayaran PayLater semakin diminati oleh konsumen, naik dari 28% ke 38%.
Promo Menarik Konsumen Gunakan PayLater
Alasan menggunakan PayLater
Terdapat peningkatan yang relatif tinggi pada konsumen yang memanfaatkan fitur PayLater dikarenakan banyaknya promo yang menarik.
Fleksibilitas Pembayaran Menjadi Faktor Utama
Faktor memilih penyedia layanan PayLater yang digunakan
70% konsumen memilih platform PayLater yang fleksibel dalam pemilihan jumlah dan tenor cicilan, yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial.
Frekuensi Penggunaan PayLater Meningkat, Konsumen Beralih ke Tenor 3 Bulan
Di tahun 2022, separuh konsumen setidaknya menggunakan PayLater satu kali dalam sebulan. Konsumen juga cenderung beralih ke tenor yang lebih panjang, menambah jangka waktu angsuran namun tetap menghindari suku bunga yang tinggi.
Frekuensi penggunaan PayLater selama pandemi
Tenor menggunakan PayLater
Metodologi
Perilaku berbelanja konsumen e-commerce ini diukur dengan menggunakan dua metode. Metode pertama adalah pengolahan data transaksi konsumen yang menggunakan layanan Kredivo. Metode kedua adalah survei online untuk mengetahui perilaku pembayaran digital konsumen secara umum dan persepsi terhadap metode pembayaran PayLater.
Metode Analisis Data Primer
Lebih dari 16 juta sampel transaksi e-commerce
Lebih dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo yang tersebar di 34 provinsi
Lima marketplace terbesar di Indonesia
Periode transaksi Januari-Desember 2021
Metode Survei
Survei online
Berlangsung pada Maret 2022
Hampir 3.500 responden
Jumlah konsumen berdasarkan kelompok
Jumlah konsumen berdasarkan provinsi