Perilaku Konsumen
E-commerce Indonesia 2022

Pola perilaku belanja di e-commerce diukur berdasarkan transaksi konsumen pengguna Kredivo dan survei online. Perilaku konsumen diulas dari profil demografi, jenis produk yang dibeli hingga waktu transaksi. Demikian pula tren penggunaan PayLater di Indonesia sebagai salah satu alternatif pembayaran digital.

Riset ini disajikan oleh Katadata Insight Center bekerja sama dengan Kredivo, salah satu penyedia layanan pembayaran PayLater terintegrasi e-commerce di Indonesia. Temuan riset ini diharapkan bermanfaat untuk memonitor perkembangan e-commerce dan layanan keuangan digital, serta menjadi rujukan bagi berbagai pihak.

Laporan lengkap dapat diunduh pada tautan ini

Kota-kota Tier 2 dan 3 Alami Peningkatan

Jumlah transaksi dan nilai transaksi e-commerce di kota-kota tier 2 dan 3 meningkat. Ini turut dipengaruhi upaya pemerataan infrastruktur yang dilakukan pemerintah.

Proporsi jumlah transaksi berdasarkan tier kota/kab

Proporsi nilai transaksi berdasarkan tier kota/kab

Transaksi Konsumen yang Lebih Tua Meningkat

Proporsi jumlah transaksi berdasarkan kelompok umur

Konsumen berumur 35 tahun ke atas alami peningkatan proporsi transaksi yang pesat, naik dari 23% ke 29%.

Perilaku Belanja Berdasarkan Gender

Laki-laki lebih banyak melakukan transaksi dan mengeluarkan uang saat belanja online dibandingkan perempuan.

Proporsi jumlah transaksi berdasarkan gender

Proporsi nilai transaksi berdasarkan gender

Preferensi Pilihan Marketplace

Untuk konsumen yang berbelanja lebih dari 1 kali dalam sebulan, konsumen berumur lebih tua cenderung bertransaksi di beberapa marketplace. Sementara kelompok konsumen dengan pendapatan lebih tinggi cenderung berbelanja di 1 marketplace saja.

Pilihan marketplace bagi yang bertransaksi 2 kali atau lebih dalam sebulan

Kelompok umur

Kelompok pendapatan

Gender Sangat Mempengaruhi Preferensi Kategori Produk

Laki-laki cenderung lebih banyak mengeluarkan uang untuk kategori olahraga, mainan, dan hobi, serta peralatan kantor dan belajar. Sedangkan perempuan pada kategori komputer, gadget, dan elektronik.

Rata-rata nilai transaksi berdasarkan kategori produk (Rupiah)

Laki-laki

Perempuan

Kelompok Lebih Muda Lebih Banyak Keluarkan Uang

Perbandingan rata-rata nilai transaksi pada kategori produk berdasarkan kelompok umur dan kelompok pendapatan (Rupiah)

Kelompok umur mempengaruhi besarnya uang yang dikeluarkan untuk setiap kategori produk. Sementara nilai transaksi per kategori produk berbanding lurus dengan pendapatan konsumen.

Kenaikan Transaksi di Akhir Tahun

Proporsi jumlah transaksi rata-rata per bulan

Kenaikan transaksi terjadi pada periode mendekati akhir tahun, didorong oleh promosi di e-commerce yang juga dikenal sebagai festival belanja online nasional.

Transaksi Tertinggi di Festival Belanja Online

Perbandingan jumlah transaksi pada 10 tanggal dengan volume transaksi tertinggi terhadap rata-rata jumlah transaksi harian

Volume transaksi tertinggi terjadi pada 12 Desember (12.12) dan 11 November (11.11) dengan peningkatan transaksi hingga 2x dibandingkan rata-rata transaksi harian.

PayLater Semakin Diminati Konsumen

Metode pembayaran digital yang digunakan e-commerce dalam setahun terakhir

Dibandingkan tahun sebelumnya, metode pembayaran PayLater semakin diminati oleh konsumen, naik dari 28% ke 38%.

Promo Menarik Konsumen Gunakan PayLater

Alasan menggunakan PayLater

Terdapat peningkatan yang relatif tinggi pada konsumen yang memanfaatkan fitur PayLater dikarenakan banyaknya promo yang menarik.

Fleksibilitas Pembayaran Menjadi Faktor Utama

Faktor memilih penyedia layanan PayLater yang digunakan

70% konsumen memilih platform PayLater yang fleksibel dalam pemilihan jumlah dan tenor cicilan, yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Frekuensi Penggunaan PayLater Meningkat, Konsumen Beralih ke Tenor 3 Bulan

Di tahun 2022, separuh konsumen setidaknya menggunakan PayLater satu kali dalam sebulan. Konsumen juga cenderung beralih ke tenor yang lebih panjang, menambah jangka waktu angsuran namun tetap menghindari suku bunga yang tinggi.

Frekuensi penggunaan PayLater selama pandemi

Tenor menggunakan PayLater

Metodologi

Perilaku berbelanja konsumen e-commerce ini diukur dengan menggunakan dua metode. Metode pertama adalah pengolahan data transaksi konsumen yang menggunakan layanan Kredivo. Metode kedua adalah survei online untuk mengetahui perilaku pembayaran digital konsumen secara umum dan persepsi terhadap metode pembayaran PayLater.

Metode Analisis Data Primer

Lebih dari 16 juta sampel transaksi e-commerce

Lebih dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo yang tersebar di 34 provinsi

Lima marketplace terbesar di Indonesia

Periode transaksi Januari-Desember 2021

Metode Survei

Survei online

Berlangsung pada Maret 2022

Hampir 3.500 responden

Profil Konsumen

Jumlah konsumen berdasarkan gender

Jumlah konsumen berdasarkan kelompok

Jumlah konsumen berdasarkan provinsi

Profil Responden Survei

Gender

Kelompok umur

Status Ekonomi Sosial (SES)

Laporan lengkap dapat diunduh pada tautan ini