Perilaku Konsumen
E-commerce Indonesia 2023
Pola perilaku belanja di e-commerce diukur berdasarkan transaksi konsumen pengguna Kredivo dan survei online. Profil konsumen diulas dari gender, umur, status perkawinan, jumlah anak, hingga jenis produk yang dibeli hingga waktu transaksi. Demikian pula tren penggunaan PayLater di Indonesia sebagai salah satu alternatif pembayaran digital.
Riset ini disajikan oleh Kredivo, salah satu penyedia layanan pembayaran PayLater terintegrasi e-commerce di Indonesia. Temuan riset ini diharapkan bermanfaat untuk memonitor perkembangan e-commerce dan layanan keuangan digital, serta menjadi rujukan bagi berbagai pihak.
Laporan lengkap dapat diunduh pada tautan ini
Transaksi e-Commerce Berdasarkan Kelompok Konsumen
Karakteristik konsumen e-commerce pada laporan ini diidentifikasi berdasarkan lokasi, gender, umur, status perkawinan, jumlah anak, dan pendapatan.
Kota-kota Tier 2 dan 3 Alami Peningkatan
Jumlah transaksi dan nilai transaksi e-commerce di kota-kota tier 2 dan 3 mengalami peningkatan. Ini turut dipengaruhi upaya pemerataan infrastruktur yang dilakukan pemerintah.
Proporsi jumlah transaksi berdasarkan tier kota/kab
Proporsi nilai transaksi berdasarkan tier kota/kab
Transaksi Konsumen yang Lebih Tua Meningkat
Proporsi jumlah transaksi berdasarkan kelompok umur
Konsumen umur 36-55 tahun konsisten mengalami peningkatan proporsi transaksi yang pesat. Ini menunjukkan konsumen lebih tua semakin adaptif terhadap penggunaan layanan e-commerce.
Transaksi konsumen laki-laki lebih dominan
Rata-rata jumlah transaksi konsumen laki-laki dan perempuan hampir sama, yaitu 10 kali per tahun. Namun, laki-laki masih lebih dominan terkait jumlah dan nilai transaksi.
Proporsi jumlah transaksi berdasarkan gender
Proporsi nilai transaksi berdasarkan gender
Umur, status perkawinan, dan jumlah anak tentukan preferensi belanja
Ketika berbelanja online, kelompok umur, status perkawinan, dan jumlah anak menentukan preferensi belanja konsumen mulai dari jumlah dan nilai transaksi hingga produk yang banyak dibeli.
Produk yang Dibeli dan Waktu Tersibuk untuk Belanja Online
Sebagian besar kategori produk mengalami peningkatan proporsi jumlah transaksi yang sejalan dengan tahun sebelumnya.
Proporsi nilai transaksi beberapa kategori produk alami pergeseran
Proporsi nilai transaksi di beberapa kategori mengalami pergeseran, misalnya kategori gadget menurun. Sementara itu, fashion, kesehatan dan kecantikan, serta otomotif meningkat.
Preferensi produk yang dibeli berdasarkan gender
Pulsa dan voucher masih menjadi kebutuhan terbesar konsumen laki-laki dan perempuan. Konsumen laki-laki lebih sering membeli produk bernilai tinggi seperti peralatan rumah tangga, gadget, olahraga dan hobi, serta otomotif.
Penurunan transaksi di kuartal IV dibandingkan tahun sebelumnya
Transaksi Tertinggi di Festival Belanja Online
Festival belanja online masih ampuh picu kenaikan volume transaksi, tertinggi pada tanggal 12.12, 11.11, dan 4.4.
Perilaku Pembayaran Konsumen dalam Berbelanja Online
Studi lebih jauh tentang penggunaan metode pembayaran secara digital serta tren penggunaan PayLater diukur melalui survei.
PayLater Semakin Diminati Konsumen
PayLater unggul dibandingkan transfer bank sebagai metode pembayaran yang paling sering digunakan.
Konsumen semakin nyaman menggunakan PayLater
Mayoritas konsumen menggunakan PayLater untuk berbelanja online. Produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan perlengkapan rumah tangga.
Tren dan Potensi Metode Pembayaran PayLater
Survei juga mendalami tren penggunaan PayLater secara spesifik disertai dengan penilaian dan tingkat kepuasan pengguna PayLater.
PayLater sebagai kredit pertama konsumen
60,9% responden yang telah menggunakan PayLater menyebutkan bahwa PayLater merupakan kredit pertama yang mereka dapatkan.
Frekuensi penggunaan meningkat dan tenor 12 bulan semakin diminati
Konsumen yang menggunakan PayLater lebih dari 1 kali sebulan meningkat dari 27% (2022) menjadi 39,9% (2023). Selain itu, semakin banyak konsumen yang memilih tenor lebih panjang (12 bulan), yaitu dari 19,2% menjadi 28,1%
Fleksibilitas pembayaran dan tenor cicilan menjadi faktor utama
56,2% konsumen memilih platform PayLater yang fleksibel dalam pembayaran cicilan dan 59% konsumen memilik platform yang menawarkan tenor cicilan yang bervariasi dan panjang.
Konsumen Puas Terhadap PayLater
Durasi proses persetujuan dan pengalaman bertransaksi merupakan fitur PayLater yang dinilai paling memuaskan.
Metodologi
Perilaku berbelanja konsumen e-commerce ini diukur dengan menggunakan dua metode. Metode pertama adalah pengolahan data transaksi konsumen yang menggunakan layanan Kredivo. Metode kedua adalah survei online untuk mengetahui perilaku pembayaran digital konsumen secara umum dan persepsi mereka terhadap metode pembayaran PayLater.
Metode Analisis Data Primer
Lebih dari 22 juta sampel transaksi e-commerce
Lebih dari 2,2 juta sampel pengguna Kredivo yang tersebar di 34 provinsi
Enam marketplace terbesar di Indonesia
Periode transaksi Januari-Desember 2022
Profil Konsumen
Metode Survei
Survei online
Berlangsung pada Maret 2023
Total 9.239 responden