Recover Together
Recover Stronger

Presidensi G20 tahun 2022 menjadi momentum bagi Indonesia untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia pasca-Covid-19 di tengah era digital dan tantangan perubahan iklim. Informasi berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti dapat disimak di sini.

Presiden Ukraina Tak Bisa Hadiri KTT G20 di Bali Meski Diundang Jokowi

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengundang Zelensky untuk datang ke KTT G20. Zelensky berharap pertemuan tersebut bisa mencarikan solusi perang Ukraina dengan Rusia.

Penerapan Pasar Karbon Membutuhkan Solidaritas Antarnegara

Chair of Trade and Investment B20 Indonesia Arif Rachmad menilai, implementasi pasar karbon membutuhkan kerja sama atau solidaritas antarnegara yang saat ini memiliki tahap pembangunan yang berbeda.

Partner of:

Updates

English Content »

Explore the G20

G20 merupakan forum ekonomi utama dunia yang terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa, serta perwakilan IMF dan Bank Dunia. Kelompok informal ini memiliki peran strategis dalam mengamankan pertumbuhan dan kemakmuran ekonomi global di masa depan. Anggota G20 mewakili lebih dari 80 persen PDB dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Dimulai pada 1999 melalui pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral, G20 telah berkembang menjadi pertemuan puncak tahunan yang melibatkan kepala negara dan pemerintahan. Ada juga pertemuan Sherpa (yang bertugas membangun konsensus dan negosiasi di antara para pemimpin), kelompok kerja, dan acara khusus yang menyertainya.

Infographic

Infografik_Negara g20 berlomba rilis obligasi hijau

Negara G20 Berlomba Rilis Obligasi Hijau

Tantangan penerbitan obligasi hijau lebih besar karena harus meyakinkan pasar jika proyek yang mendasarinya benar-benar hijau atau ramah lingkungan.

Selengkapnya
Infografik_Laju pembangkit listrik ebt Indonesia

Laju Porsi Pembangkit Listrik EBT Indonesia

Porsi pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT) ditargetkan mencapai 29% pada 2030, dari saat ini sebesar 15%.

Selengkapnya
Infografik_Porsi ebt di pembangkit listrik negara g20

Porsi EBT di Pembangkit Listrik Negara G20

Komposisi pembangkit listrik berbasis energi terbarukan (EBT) di Indonesia masih tertinggal dari negara G20 lain.

Selengkapnya
Infografik_Laju utang pemerintah pasca-krisis 1998

Laju Utang Pemerintah Pasca-Krisis 1998

Nominal utang pemerintah saat ini merupakan yang terbesar dalam sejarah. Rasionya terhadap PDB juga membengkak, tertinggi dalam kurun 16 tahun terakhir.

Selengkapnya
Infografik_Warga negara G20 mana penghasil emisi karbon terbesar

Warga Negara G20 Mana Penghasil Emisi Karbon Terbesar?

Climate Transparency Report mencatat, G20 adalah kelompok negara yang bertanggung jawab atas 75% emisi gas rumah kaca (GRK) global.

Selengkapnya
Infografik_Perbandingan jumlah penduduk negara g20

Perbandingan Jumlah Penduduk Negara G20

Jumlah penduduk negara-negara G20 mencakup 65% dari total populasi global pada 2022.

Selengkapnya
Infografik_Gelembung utang negara G20

Gelembung Utang Negara G20

Utang global melonjak hingga US$226 triliun atau 256% terhadap PDB akibat krisis pandemi Covid-19. Kenaikan ini merupakan yang tertinggi sejak perang dunia II.

Selengkapnya
Infografik_Perbandingan PDB per kapita anggota G20_r.1

Perbandingan PDB per Kapita Anggota G20

PDB per kapita merupakan salah satu indikator perekonomian, terutama yang mencerminkan pendapatan rata-rata setiap penduduk di suatu negara.

Selengkapnya
Infografik_Peran Indonesia Pimpin Mitigasi Iklim Dunia

Peran Indonesia Pimpin Mitigasi Iklim Dunia

Mitigasi iklim juga dilakukan Indonesia di ranah domestik melalui berbagai kebijakan.

Selengkapnya

Flagship Events

Sebagai penyelenggara acara, kami jadi jembatan penghubung pelbagai kalangan - pemerintah, industri, maupun organisasi - dengan khalayak. Ditopang kemampuan memahami dan mengolah data, Sisi+ telah berpengalaman mengorganisasi acara yang mengangkat pelbagai isu terkait G20, seperti keberlanjutan, transisi energi, ekonomi digital, maupun kesetaraan gender.

Flagship Events

Sebagai penyelenggara acara, kami jadi jembatan penghubung pelbagai kalangan - pemerintah, industri, maupun organisasi - dengan khalayak. Ditopang kemampuan memahami dan mengolah data, Sisi+ telah berpengalaman mengorganisasi acara yang mengangkat pelbagai isu terkait G20, seperti keberlanjutan, transisi energi, ekonomi digital, maupun kesetaraan gender.

Featured Research

Dengan kemampuan mengumpulkan dan mengolah data primer maupun sekunder, KIC menyajikan laporan riset untuk memahami pasar, konsumen, dan lansekap industri yang krusial untuk memgambil keputusan terbaik.

Card image cap

Kita kerap mendengar bahwa perempuan lebih baik dalam mengatur uang. Nah, bagaimana cara mereka mengelola uang?

Card image cap

Indonesia disebut-sebut akan menuju masa keemasan ekonomi digital. Lalu bagaimana kesiapan daerah untuk menyongsong periode tersebut?

Card image cap

Bagaimana kesiapan Indonesia untuk beralih ke energi terbarukan? Simak persepsi dan kesiapan masyarakat kita ihwal energi ramah lingkungan.

Card image cap

Keberlanjutan menjadi kata kunci, tak terkecuali di sektor industry. Kami mengukur komitmen penerapan prinsip ini oleh pada pelaku industri.

Available August 2022

Card image cap

Siapkah lembaga keuangan kita mengadopsi pendanaan berkelanjutan? Bagaimana dengan para debitur?

Available October 2022

Card image cap

Kampanye penerapan prinsip keberlanjutan pada pemerintahan daerah telah lama didengungkan. Sejauh mana adopsi prinsip tersebut?

Available November 2022

Voices from the Youth

Komunitas Gen-Z kami juga ingin mengambil peran dalam persiapan dan penyelenggaraan G20 Indonesia 2022. Simak selengkapnya!

Follow us

Akses dan ikuti media sosial kami untuk mendapat informasi terbaru dengan cepat dan mudah dari gawai Anda.

  • Instagram Feed
  • Twitter Thread
  • Facebook
  • Tiktok

    Booklet G20 Indonesia

    Untuk mendukung kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah G20, Katadata bekerjasama dengan kantor Menko Perekonomian dan Kementerian Luar Negeri membuat Booklet Presidensi G20 Indonesia, yang berisi ringkasan informasi dalam format 60 infografik. Booklet edisi pertama ini akan didistribusikan dalam rangkaian meeting G20, sekaligus sebagai sumber pengetahuan bagi publik. Booklet selanjutnya akan kami terbitkan sesuai dengan update kegiatan dan informasi tambahan yang diperlukan untuk diketahui publik. Selamat membaca dan Selamat Berkolaborasi.

    KONTAK KAMI

    Untuk informasi lebih lanjut, Hubungi kami melalui saluran ini.

    Langganan Newsletter

    Jadilah yang pertama untuk mendapat informasi dan peluang terbaru dari Katadata.