Kepemilikan Saham Sumitomo di BTPN Bertambah

Aria W. Yudhistira
20 Februari 2015, 10:54
Katadata
KATADATA
Sumitomo Corporation menambah porsi kepemilikan saham di BTPN.

KATADATA ? Kepemilikan saham Sumitomo Corporation di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) bertambah. Ini setelah Summit Global Capital Management B.V., anak usahanya yang berkedudukan di Belanda, mengakuisisi 17,5 persen saham BTPN dari Texas Pacific Group (TPG) Nusantara S.a.r.l. 

Seperti dikutip dari keterbukaan informasi, nilai penjualan saham tersebut mencapai Rp 5,9 triliun atau Rp 5.800 per lembar saham. Pelaksanaan transaksi tersebut dilakukan pada 18 Februari lalu.

Advertisement

Sekretaris Perusahaan BTPN Anika Faisal mengatakan, porsi kepemilikan saham Summit Global bertambah menjadi 20 persen setelah penjualan ini. Sementara TPG Nusantara memiliki 8,38 persen saham.

Summit Global merupakan perusahaan investasi yang berdiri berdasarkan hukum Belanda. Perusahaan ini merupakan salah satu anak usaha Sumitomo Corporation. Hal ini diakui Sumitomo Corporation dalam keterangan yang disiarkan di laman perusahaan.

Dengan pengambilalihan saham tersebut, maka ada dua Sumitomo dalam kepemilikan BTPN. Selain Summit Global, terdapat Sumitomo Mitsui Banking Corporation yang merupakan pemegang saham terbesar BTPN, yakni sebesar 40 persen. 

Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement