Meta mengungkap tiga tren digital yang diprediksi akan populer pada 2026, yakni tren produk halal, pertumbuhan e-commerce lintas batas, serta performa platform yang akan ditunjukan berbagai fitur AI.
Harbolnas 12.12 jadi momen emas bagi pelaku UMKM, seperti fesyen dan percetakan online, untuk meningkatkan omzet lewat promo e-commerce dan strategi kreatif.
Asosiasi E-Commerce Indonesia atau idEA bersama pemerintah tengah memantau dan mengoordinasikan besaran biaya admin seller di platform agar tidak memberatkan penjual kecil.
Seluruh anggota idEA seperti Shopee, TikTok Shop Tokopedia hingga Lazada berpartisipasi dalam Harbolnas, khususnya pesta diskon 12.12. Transaksi ditargetkan Rp 35 triliun.
Shopee menaikkan biaya admin seller atau penjual mulai Januari 2026. E-commerce bernuansa oranye ini juga mengenakan biaya pre-order dan layanan Spaylater.
Batik Kanthil sempat terpuruk ketika toko terbakar pada 2018. Beralih ke e-commerce seperti Shopee menjadi titik balik. UMKM ini kini merambah pasar eskpor.